Pengeboran Pipa Gas di Tarumajaya Rusak Puluhan Rumah Warga

0
22
Rumah Warga

BERITA BEKASI – Sejumlah warga Kampung Kebon Kelapa, Kelurahan Sagara Makmur, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten, Bekasi Jawa Barat menuntut ganti rugi kepada perusahaan tambang gas yang yang saat ini tengah mengerjakan proyek pemasangan pipa gas oleh Pertagas.

“Warga menuntut ganti rugi mulai dari Rp150 – 200 juta kepada pihak kontraktor, tapi pihak kontraktor hanya menyanggupi Rp20 juta,” ujar salah satu warga Bekasi, Ali melalui akun Facebook nya.

Dalam akunnya tertulis informasi bahwa pemasangan pipa gas oleh Pertagas itu melibatkan kontraktor atau penyedia atas nama PT. Adhunusa Mitrtel (AM) untuk melakukan pemasangan pipa gas dilokasi tersebut.

“Pemasangan pipa gas itu, dilakukan pengeboran yang melintasi wilayah Kampung Kebon Kelapa, Kelurahan Sagara Makmur, Kecamatan Tarumajaya,” tulis Ali.

Akibat kegiatan tersebut lanjut Ali, sekitar 10 Rumah di Kampung tersebut mengalami kerusakan berupa retak di dinding dan lantai rumah warga hancur.

“Kondisi paling parah adanya rumah warga yang dari lantainya menyembur lumpur bercampur semen. Penyedotan semen dari rumah tersebut membutuhkan lima kali pengangkutan menggunakan truck,” terangnya. 

Atas kejadian itu, warga juga mencoba menginformasikan ke lembaga bantuan hukum dan lembaga yang peduli pada lingkungan hidup namun belum ada tanggapan.

Tokoh masyarakat yang sebelumnya peduli sekarang bersikap masa bodoh. Hal tersebut diduga, karena sudah adanya kesepakatan tertentu dengan kontraktor. “Lebih aneh lagi karena kejadian tersebut sama sekali belum diliput media,” imbuh Ali.

Karena itu tambahnya, saya hanya bisa membantu dengan menyebarkan informasi ini melalui media sosial, dengan harapan agar masyarakat mengetahui adanya musibah yang menimpa saudara-saudara kita di sana.” Pungkasnya. (NDI)