Ridwan Kamil Imbau Warga Rekam Data e-KTP Sampai 30 September

0
67
Ilustrasi

BERITA BANDUNGWalikota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau warga Kota Bandung untuk ikut mensukseskan program pemerintah pusat terkait perekaman data e-KTP sampai 30 September mendatang.

“Yang penting datanya direkam dulu,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (30/8/2016).

Meski demikian, Ridwan Kamil tidak berjanji bahwa pencetakan KTP-nya, bisa berjalan cepat.

“Karena bagaimanapun juga, sangat bergantung pengiriman blangko dari pusat. Kalau bisa cepat ya cepat, kalau enggak ya enggak,” terangnya.

Hal ini menjadi ganjalan bagi Ridwan Kamil. Karena Pemerintah pusat memerintahkan perekaman data untuk E-KTP, namun tidak diiringi dengan pengiriman blangko yang memadai.

“Ini juga satu bentuk desentralisasi yang setengah hati. Di mana kami tidak pernah diajak bicara mengenai hal ini. Tau-tau kebijakan dikeluarkan, dan mau tidak mau harus mengikutinya,” ungkapnya.

Karenanya, Ridwan Kamil memohon maaf kepada warga Kota Bandung yang datanya sudah direkam, namun KTP-nya masih belum selesai.

“Tapi yang penting, kita mengikuti aturan pusat sehingga tidak kena hukuman,” tambahnya.

Ridwan Kamil sendiri mengaku banyak menerima keluhan dari warga terkait keterlambatan pencetakan dan pengiriman KTP ini.

“Saya prihatin, karena banyak yang terhambat, dalam proses pelamaran kerja, atau ada juga yang akan berangkat ke luar negeri,” terangnya. ‎

Disinggung mengenai perekaman data, dia mengaku senang, karena Kota Bandung termasuk yang cepat. Berdasarkan Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Kota Bandung, dari 2,3 juta jiwa penduduk Kota Bandung, 1,7 juta jiwa diantaranya wajib KTP.

“Yang sudah direkam sebanyak 1,7 juta jiwa, 50 ribu jiwa masih proses, dan 150 ribu jiwa, masih berjalan,” pungkasnya. (CR-2)