Bulog Divre Jateng Kirim 12 Ribu Ton Beras ke Propinsi Lain

0
12
Bulog Divre Jawa Tengah

BERITA SEMARANG – Kepala Bulog Divre Jawa Tengah, Usep Karyana menyampaikan, pihaknya akan mengirimkan total 12 ribu ton beras kualitas medium ke berbagai daerah di Indonesia.

Diantaranya, dua ribu ton beras dikirim ke Kalimantan Tengah, 1.000 ton ke Kalimantan Barat, 3.000 ton ke Sumatra Barat, 3.000 ton ke Aceh dan 3.000 ton ke Riau.

“12 ribu ton beras akan dikirim bertahap selama September 2016 ini. Pengiriman ini adalah pengaturan stok beras dimana Jawa Tengah kelebihan beras dan didistribusikan ke Provinsi lain,” ujarnya usai pelepasan kapal pengirim beras ke Kalimantan Tengah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, yang disaksikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Jumat (2/9/2016).

Sementara menurut Usep, ketersediaan stok beras di gudang Bulog Divre Jawa Tengah cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Mei 2017.

“Sekarang ini produksi beras tiap bulan di Jawa Tengah mencapai 250 ribu ton. Dan untuk perkembangan pertanian saat ini harga beras di Provinsi Jawa Tengah tidak ada dibawah HPP, jadi bisa dinikmati petani,” jelas dia.

Pihaknya kedepan juga akan mengembangkan pengiriman untuk komoditas lainnya, seperti bawang merah, jangung, kedelai dan gula.

“Dengan melimpahnya produksi beras di Jawa Tengah, tentunya tak lepas dari peran para petani yang memang luar biasa seperti sentra beras Sragen, Sukoharjo, Banyumas, Grobogan dan Demak,” tandas Ganjar.

Dengan ketersediaan beras diberbagai tempat, Ganjar berharap produksinya bisa terus berlanjut dan kecukupan beras di Indonesia bisa terjaga. (Nining)

Biro Semarang