Dit Resnarkoba Polda Jateng Gagalkan Penyeludupan 20 Kilo Ganja

0
11
Ilustrasi

BERITA SEMARANG – Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah, AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas menyampaikan, pihaknya berhasil menggagalkan peredaran ganja seberat 20 kilogram pada Kamis (1/9) kemarin, yang dikirim melalui pos.

Sementara paketan ganja tersebut dikemas menggunakan kardus warna coklat yang dibalut menggunakan asam sunti, yakni sejenis bumbu dapur khas Aceh, sehingga tak terdeteksi.

“Ganja seberat 20 kilogram ini jika diuangkan senilai Rp 80 juta,” tandas Wisnu di kantor Dit Resnarkoba Polda Jateng, Jumat (2/9/2016).

Meski ada dua orang yang diduga sebagai pelaku, namun pihaknya masih terus mengembangkan terkait status dari pelaku. Selain itu aparat juga bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik (Asperindo) untuk mengantisipasi penyelundupan barang terlarang seperti kasus tersebut.

Diketahui Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah telah menggagalkan peredaran narkoba jenis ganja seberat 20 kilogram yang dikirim dari Aceh melalui paket pos ke wilayah Jawa Tengah.

Selain puluhan ganja kering, petugas juga mengamankan dua orang yang diduga sebagai pelaku, yakni Restanto (22) warga Kradenan, Grobogan, dan Eko (30) yang berhasil ditangkap petugas di Blora.

Sementara Restanto mengaku, saat dirinya di kantor Pos Grobogan akan mengambil paketan, dia bilang akan mengambil paketan gula aren.

Dari pengambilan paket tersebut dirinya dijanjikan akan diberi upah uang, meski belum mengetahui berapa uang yang akan diberikannya. “Saya baru pertama kali mengambil barang tersebut,” katanya. (Nining)

Biro Semarang