Polres Bekasi Kota Gerbek Gudang Pengoplos Tabung Gas

0
17
Ilustrasi

BERITA BEKASI – Jajaran Reskrim Polresta Bekasi Kota menggerebek sebuah gudang dijadikan tempat mengoplos gas ilegal di Jalan Bintara IV RT8/RW1, Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (1/9). Polisi menangkap lima orang tersangka dalam kasus itu.

Kapolresta Bekasi Kota, Kombes Umar Surya Fana mengatakan, lima orang tersangka ditangkap antara lain, MS (62), AM (51), BK (54), SK (59), dan AP (43). Dari tangan tersangka, polisi menyita ratusan tabung gas oplosan dari tiga kilogram ke 12 kilogram, dan 50 kilogram.

“Modusnya, pelaku memindahkan isi gas subsidi pada tabung 3 kg ke tabung gas 12 kg dan 50 kg,” kata Umar, Jumat (2/9/2016).

Umar mengatakan, pengungkapan itu bermula dari informasi masyarakat terkait adanya aktivitas mencurigakan di gudang milik tersangka. Soalnya, kerap keluar masuk mobil mengangkut tabung gas ukuran 3 kg, 12 kg, dan 50 kg, tapi tidak menjual gas subsidi atau 3 kg.

“Kami kemudian melakukan penyelidikan, hasilnya benar bahwa di gudang tersebut dijadikan tempat mengoplos gas ilegal,” kata dia.

Menurut dia, modusnya pelaku mengambil isi di tabung gas 3 kg yang merupakan subsidi untuk rumah tangga. Kemudian, dipindahkan menggunakan selang regulator ke tabung gas 12 kg dan 50 untuk industri maupun rumah makan.

“Satu tabung 12 kg diisi dengan tiga tabung gas ukuran 3 kg, sedangkan untuk 50 kg, dibutuhkan sampai 16 tabung 3 kg,” ujarnya.

Dari kasus itu, polisi menyita mobil bak terbuka, 5 selang regulator, tutup tabung gas, 78 tabung gas 3 kg (kosong), 44 tabung gas ukuran 12 kg di antaranya 14 tabung kosong. (NDI)