Warga Rusun Rawa Bebek Trauma Dengan Kasus Balita Jatuh

0
103
Tempat Kejadian Perkara

BERITA JAKARTA – Warga Rusun Rawa Bebek di Cakung, Jakarta Timur masih trauma dengan kasus balita yang jatuh lewat pagar tralis rusun. Karena trauma, warga kini khawatir membiarkan anak-anaknya bermain di sekitar pagar tralis.

Pagar tralis tersebut berada di lokasi ruang jemuran dan masak bagi warga Rusun Rawa Bebek. Kebetulan ruang masak dan jemur warga tidak berada dalam satu unit, melainkan di luar. Model ini ada di Rusun Rawa Bebek khusus bujangan.

Warga Blok A lantai 1 Rusun Rawa Bebek Omah (70) mengatakan, melarang cucunya untuk bermain lagi di sekitar pagar tralis pasca kejadian balita jatuh. “Saya sampai sekarang gemetaran, kalau cucu saya ke situ juga takut,” kata Omah, di Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, Senin (5/9/2016).

Apalagi, lanjut Omah, dia punya tiga cucu, yang dua di antaranya masih berusia 2,8 yahun dan 3 tahun. Cucunya seumuran dengan korban yang jatuh. “Takut saya jadinya, cucu saya seumuran lagi sama yang jatuh,” ujar Omah.

Siti Aisah (42) warga blok yang sama juga punya kekhawatiran yang sama. Salah satu cucunya sering bermain di lokasi dekat pagar tralis. Ukuran celah di tralis memang cukup besar diameternya kurang lebih 20 sentimeter.

Cukup besar untuk ukuran anak kecil keluar masuk. “Sering main sama anak-anak yang lain, karena di sini udaranya enak, anginnya banyak. Tapi sekarang saya enggak bolehin lagi, saya larang,” ujar Siti.

Siti mengatakan, anak-anak di rusun memang kerap bermain di pagar tralis. Ada yang suka turun dari lantai atas lewat pagar tralis dan peralon, untuk sampai ke lantai bawahnya.

Padahal, tindakan itu amat berbahaya. “Suka pada turun naik, lewat tralis terus pegangan di peralon. Udah sering saya omelin tapi malah anak-anak itu bilang saya judes. Ya orangtuanya juga mungkin pada enggak tahu,” ujar Siti.

Sekarang ini, pengelola sedang memasang kawat untuk menutup sela tralis tersebut. Pengerjaan masih di lakukan di blok A tempat kasus balita jatuh. Saat ini sudah sampai lantai tiga, rencananya akan diselesaikan sampai lantai akhir. (Steve)