Idon Jaya Wiguna Akhiri Paceklik Emas Anggar Jawa Barat

0
47
Idon Jaya Wiguna (Kanan)

BERITA BANDUNG – Atlet putra cabang olahraga Anggar Jawa Barat, Idon Jaya Wiguna mengaku bangga menyabet medali emas pada PON XIX/2016 . Maklum pada tujuh  PON terakhir atlet  anggar putra Jabar paceklik emas.

Idon berhasil mengalahkan Riki asal Sumsel dengan skor 15-13 di nomor sabel perorangan putra. “Ya, tentunya saya bangga dapat emas dan katanya saya jadi legend karena atlet anggar putra pertama yang dapat emas di PON. Mungkin karena sudah 28 tahun anggar Jabar belum pernah menyabet emas,” ujar Idon di Hotel Harris, Bandung, Sabtu (24/9/2016).

Diakui Idon keberhasilannya menyabet medali emas saat lawan Riki asal Sumatra Selatan kemarin, karena faktor tuan rumah sehingga sedikit termotivasi untuk Berjaya di Tanah Legenda.

“Alhamdulillah saya menjadi yang memecahkan rekor setelah puluhan tahun anggar Jabar tidak pernah dapat emas di PON. Sebelumnya hanya dapat perak dan perunggu saja,” ucap Idon sambil tersenyum.

Selain lebih termotivasi kata Idon, pertemuan dengan pesaing beratnya, Riki tersebut memang sudah sering dan sama-sama bermain di timnas. “Jadi saya dan lawan sudah sama-sama tahu kelebihan dan kelemahannya. Cuma saya punya keyakinan dan percaya saja. Bersungguh-sungguh dan tetap optimistis. Mudah-mudahan di beregu putra nanti saya kembali dapat emas,” harap Idon.

Hal senada juga dilontarkan Pelatih tim Anggar Jawa Barat, Iwan Kartiwan. Menurutnya, keberhasilan Idon menjadi tonggak sejarah bagi cabang olahraga anggar Jabar setelah mampu menyabet emas lewat Idon Jaya Wiguna.

“Alhamdulillah kami sudah tercapai satu emas dari tiga emas yang ditargetkan. Selama 7 kali PON, Jabar tidak pernah dapat emas. Tahun ini saya bangga dapat satu emas,” kata Iwan.

Menurut Iwan, KONI Jabar sendiri mengharapkan cabor anggar Jabar dapat lima medali emas di PON XIX 2016 ini,  namun pihaknya hanya menargetkan tiga medali emas.

“Kami realistis saja karena masing-masing nomor pesaingnya cukup berat, terutama Sumsel, Jatim, Kaltim, dan Jateng, baik di putra maupun putri. Mudah-mudahan dua emas lagi bisa diperoleh di nomor sabel putra beregu dan floret putra beregu,” pungkas Iwan. (ESN)