Pernyataan Sikap Pena Timur Terhadap Kekerasan Jurnalis di Madiun

0
47
Pernyataan Sikap Pena Timur

BERITA JAKARTA – Kekerasan tehadap Jurnalis NET Sonny Misdananto oleh Oknum TNI di Madiun Jawa Timur merupakan catatan kelam perjalanan para Jurnalis di negeri ini. Padahal kasus serupa di Medan Sumatera Utara beberap waktu lalu belum hilang dari ingatan kita. 

Sonny Misdananto diduga dipukuli dan di rampas alat peliputannya oleh anggota TNI Angkatan Darat (AD) dari Batalyon Infanteri Lintas Udara 501 Madiun pada, Minggu (2/10/2016).

Selain intimidasi, Sonny diduga mendapatkan kekerasan berupa pukulan. Akibat kekerasan berupa pukulan bertubi-tubi oleh anggota TNI, Sonny menderita luka lebam di pelipis mata sebelah kiri dan shock.

Saat ini Sony telah diperiksa oleh Detasemen Polisi Militer di Madiun.  Atas kejadian ini, Pena Timur menyatakan sikap.

Inilah 5 Sikap Pena Timur :

Mengutuk keras kejadian tersebut dan mendorong agar proses hukum ditegakan

Mendesak Panglima TNI menindak tegas  oknum TNI yang terlibat pemukulan.

Mendorong Dewan Pers selaku lembaga yang menaungi profesi jurnalis untuk segera mengambil langkah hukum agar kedepannya tidak ada lagi ada kekerasan yang menimpa rekan rekan jurnalis dalam melakukan peliputan di lapangan.

Mengajak rekan se-profesi di seluruh Indonesia untuk bersatu melawan tindakan kekerasan terhadap jurnalis. Demikian pernyataan Pena Timur dalam kasus kekerasan oleh oknum TNI di Madiun. (Steve)