Pesan Ahok Kepada Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono

0
70
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menitipkan pesan kepada pelaksana tugas Gubernur DKI, Soni Sumarsono, terkait dengan pemberian bantuan kepada Kota Bekasi. Ia meminta Soni menyelesaikan pekerjaan rumah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Pemerintah Kota Bekasi.

“PR (pekerjaan rumah) bantuan kepada Bekasi itu harus diselesaikan. Soal sampah Bantargebang, jangan sampai ada gesekan dengan Bekasi. Itu yang penting,” kata Ahok di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Rabu, 26 Oktober 2016.

Terkait dengan permintaan Ahok tersebut, Soni mengatakan tidak ada masalah. Ia berjanji, akan menjalankan tugas sebagaimana mestinya. “Sederhana saja, kami bisa koordinasikan dengan Pemerintah Kota Bekasi. Saya kira, ada keuntungan sendiri jika jabatan dipegang oleh Kemendagri, semua bisa berjalan dengan cepat,” kata dia.

Pemerintah Kota Bekasi sebelumnya pernah mengajukan dana hibah daerah mitra sebesar Rp 900 miliar melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta 2016. Namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya menyepakati hibah sebesar Rp 400 miliar.

Penduduk Jakarta paling banyak menerima pendatang dari Bekasi sehingga perlu mendapatkan hibah. Di sisi lain, kawasan Bantargebang, Kota Bekasi, telah menjadi tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) dari Jakarta.

Ahok pernah berkata, pemerintah DKI Jakarta memiliki hubungan baik dengan daerah mitra, seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Meskipun tidak ada kerja sama yang terjalin, Ahok memastikan bahwa pemerintah DKI akan terus mengalokasikan hibah kepada daerah mitra tersebut. (tem)