TNI-Polri Bersinergi Sukseskan Pilkada Jateng-DIY 2017

0
51

BERITA SEMARANG – Rapat Koordinasi TNI-Polri se Jateng dan DIY digelar di Makodam IV/Diponegoro, Watugong Semarang, Jumat (28/10/2016). Rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan soliditas antara TNI dan Polri dalam mengamankan jalannya Pilkada 2017.

Kapolda JawaTengah, Irjen Pol Drs. Condro Kirono menyampaikan pihaknya akan memberikan pengamanan mulai dari TPS. Dan menurutnya secara umum tingkat kerawanan di setiap TPS adalah rawan satu dan rawan dua. 

“Di Jateng tingkat kerawanannya adalah sedang. Namun untuk daerah Pati, memiliki tingkat kerawanan 2,” ujar Condro di Makodam IV/Diponegoro.

Menurut Condro, kegiatan Rakor ini untuk memantapkan soliditas antara TNI-Polri untuk bersama-sama mengabdi kepada masyarakat dalam menunjang pembangunan di Jawa Tengah, termasuk pelaksanaan Pilkada.

Pihaknya berharap, TNI-Polri tidak mementingkan egosektoral masing-masing yang hanya akan menimbulkan persaingan antara TNI dan Polri.

Sementara ke tujuh daerah di wilayah Jateng dan dua daerah Yogyakarta yang akan menggelar Pilkada antara lain, Pati, Salatiga, Brebes, Batang, Cilacap, Banjarnegara, dan Jepara. Sedangkan 2 daerah di Yogyakarta adalah kota Jogjakarta dan Kulonprogo.

“Kami juga meminta para Kapolres untuk mengkoordinasikan timses agar tidak menyebarkan isu SARA, kampanye hitam dan lainnya,” kata Condro.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi menyatakan pihaknya siap memback-up tugas aparat kepolisian untuk mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi yaitu Pilkada Provinsi Jawa Tengah dan DIY. 

“Kami akan menyiapkan satu bataliyon pasukan atau sekitar 700 prajurit untuk pengamanan Pilkada,” tandas Jaswandi.

Selain bersilaturahmi mengumpulkan semua unsur dari yang terkecil mulai dari Bintara Pembina Kabinkamtibmas dan para Kapolsek se Jawa Tengah, juga untuk membantu pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada di tujuh daerah di Jawa Tengah dan dua daerah di Yogyakarta. 

“Harapan kami Pilkada dapat berjalan lancar dan damai,” tegasnya.

Pihaknya berjanji akan memaksimalkan pengamanan Pilkada lewat Babinsa setempat. Karena, Babinsa dan Kelurahan adalah ujung tombak pengamanan Pilkada. 

“TNI siap membantu Polri dalam mengamankan pelaksanan Pilkada dan TNI harus netral jangan sampai mendukung salah satu pasangan calon,” imbuhnya.

Hadir dalam rapat koordinasi, diantaranya Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Joni Supriyanto, Wakapolda DIY Kombes Pol Abdul Hasyim Gani, sejumlah pejabat Kodam IV/Diponegoro dan jajaran Polda Jateng. (Nining)

Biro Semarang