Aksi Damai, Kapolrestabes Semarang Tandatangani Petisi

0
9
Aksi Demo

BERITA SEMARANG – Ribuan Ormas Islam yang terdiri dari HMI, KAMMI, PII dan komponen umat muslim Semarang hari ini turun ke jalan menggelar ‘Aksi Damai 4 November’ yang serentak dilaksanakan di hampir seluruh daerah di Indonesia, Jumat (4/11/2016).

Mereka berjalan dan melakukan Long March dari Masjid Baiturrahman Simpang 5 Semarang menuju Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan Semarang yang menuntut agar Polri segera mengusut tuntas kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok (Basuki Tcahya Purnama).

Koordinator Lapangan, Moh. Priyo Manfaat menyampaikan, Kepolisian harus segera memproses Ahok secara hukum yang secara jelas dan sengaja telah mengganggu salah satu tiang kemajemukan bangsa, yaitu kehidupan beragama di Indonesia.

Menurutnya, dengan mengenakan pakaian dinas Gubernur dihadapan masyarakat, Ahok mengatakan ‘jangan percaya sama orang, bisa saja dalam hati kecil Bapak Ibu nggak bisa milih saya, ya kan dibohongi pakai Surat Al Maidah ayat 51 macem-macem gitu’. “Polri harus melakukan proses hukum kepada Ahok secara adil, transparan ke public dan professional,” ungkap Priyo.

Sementara perwakilan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Semarang, Hakim juga menyuarakan sikap dan tuntutannya, agar Polri secara tegas menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum dan mengedepankan asas “perlakukan yang sama di hadapan hukum’.

Pihaknya berjanji akan terus mengawal proses hukum dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok. Dan ke depan, Ahok sebagai publik figur dan gubernur harus menjaga sikap di depan umum sehingga tidak menyakiti umat beragama di Indonesia. “Kami mendorong Presiden Jokowi-JK dalam melakukan reformasi Hukum,” tandas Hakim.

Sementara Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Abiyoso Seno Aji pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada para pengunjuk rasa yang telah melakukan aksi damai melalui orasinya secara tertib.

“Kami mewakili dari Polda Jateng mengucapkan terimakasih karena unjuk rasa berjalan damai siang hari ini, kita semua memang cinta damai,” ujar Abi.

Abi menyatakan pihaknya akan menyampaikan semua tuntutan para pengunjuk rasa kepada para petinggi dijajaran Polri agar segera menindak lanjuti permasalahan ini.

Dalam aksi damai tersebut, mereka membentangkan spanduk dan poster yang bertuliskan, Aksi Damai Dukung Fatwa MUI, Adili Penista Agama, Penjarakan Ahok!!! Stop Diskriminasi Hukum!!!

Selain itu juga poster-poster yang di dalamnya tertulis Usut Ahok setuntas tuntasnya, Jokowi Tidak Bersikap Berarti Terlibat Dalam Konspirasi Ahok, Tentukan Sikap!!! Pro Ahok Kami Libas.

Aksi Damai tersebut diakhiri dengan penandatanganan petisi dukungan oleh Kapolrestabes Semarang di depan Mapolda Jateng. (Nining)

Biro Semarang