Bupati Karimun Harap Proses Pemindahan Bongkar Muat Dipercepat

0
12
Pelabuhan Karimun

BERITA KARIMUN Bupati Karimun Aunur Rafiq berharap agar proses pemindahan pelabuhan bongkar muat Taman Bunga Kecamatan Karimun ke Pelabuhan Parit Rampak Kecamatan Meral dipercepat. Dengan alasan kondisi pelabuhan bongkar muat yang ada saat ini sudah tidak layak.

Tahapan yang dilakukan sebelum pemindahan dimulai menurut Rafiq adalah mulai melakukan pemasangan preasting dolpin. Yang mana pemasangan tersebut telah dianggarkan dalam RUPS luar bisa bersama Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

“Kita sudah setuju untuk segera memasang preasting dolpin dan harus disegerakan. Mereka (BUP-red) sudah dapat rekanan dalam hal ini kontraktor yang ditunjuk langsung untuk memasangnya. Sekarang sedang dikerjakan,” ujar Rafiq kepada Beritaekspres.com, Senin (7/11/2016).

Rafiq juga menjelaskan usai dikerjakan baru dilaporkan kepada kepada Kementerian Perhubungan untuk selanjutnya dilakukan pengecekan. Selanjutnya, Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan izin pengelolaan pelabuhan bongkar muat Taman Bunga yang dipindahkan ke Pelabuhan Parit Rampak.

“Realisasinya kami sih maunya cepat, tapi kan dalam menambah sarana dan prasarana dalam hal ini BUP sendiri tidak bisa segera, mereka kan melihat kemampuan keuangan juga. Kalau preasting dolpin itu dapat selesai cepat mudah-mudahan sesuai harapan kita akhri tahun ini bisa selesai dan dapat segera dioperasikan,” ungkap Rafiq.

Rafiq ungkapkan sudah banyak masalah yang timbul pada Pelabuhan kargo bongkar muat Taman Bunga, seperti terjadi keterlambatan bongkar muat karena semua kapal yang tiba harus antri berhari-hari untuk dapat sandar, Sehingga berdampak  kenaikan harga barang.

“Makanya ini harus segera kita selesaikan. Saya pun sudah beberapa kali memintakan ke Kementerian Perhubungan agar pelabuhan yang tidak memungkinkan itu disetujui untuk dipindahkan, alhamdulillah ada gambaran sesuai harapan,” tutur Bupati Karimun. (And)

Biro Karimun