Pilkada Serentak, Paslon Kepala Daerah Tandatangani Ikrar Damai

0
83

BERITA SEMARANG – Calon Bupati/wakilnya dan calon Walikota/wakilnya yang berkompetisi dalam Pilkada Serentak 2017 di Jawa Tengah, hari ini menandatangani Ikrar Damai yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah di Hotel Grand Candi Semarang, Selasa (8/11/2016).

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Abhan Misbach mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ikhtiar dari pengawas Pemilu dalam rangka menegaskan dan meneguhkan Pilkada serentak di tujuh daerah Jawa Tengah yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat.

Pada kesempatan tersebut ada 16 pasangan calon (Paslon) yang hadir dan menandatangani Ikrar Damai.

“Kami berharap Pilkada kali ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Kami juga sudah melaksanakan Pilkada di 21 kabupaten/kota yang berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Abhan .

Pihaknya juga mengharapkan partisipasi publik dalam Pilkada serentak tahap kedua ini,  khususnya dalam hal pengawasan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang hadir dalam penandatanganan ikrar damai turut menghimbau agar pasangan calon dalam melakukan kampanye hendaknya yang santun dan etis, serta mengedepankan programnya.

“Hilangkan kata-kata kotor dan kedepankan program,” tandas Ganjar.

Ganjar juga menyatakan agar mengurangi kampanye terbuka, perbanyak debat dengan program-program yang bagus, dan buktikan Jawa Tengah bisa melaksanakan Pilkada yang  damai.

“Kalau perlu KPU memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar Kebhinekaan dan Kebangsaan,” pungkasnya. (Nining)

Biro Semarang