Permudah Pelayanan Pajak, Dispenda Kota Bekasi Siapkan Aplikasi Online

0
527
Dispenda Kota Bekasi

BERITA BEKASI – Dalam rangka mempermudah pelayanan pembayaran PBB bagi wajib pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bekasi menyediakan layanan yang diberinama Operasi Sisir yang dilakukan setiap Sabtu dan Minggu.

“Bekerjasama dengan pihak Kecamatan dan Kelurahan, serta Bank tempat pembayaran (Bank BJB dan BTN), Kami mendatangi masyarakat langsung sesuai tempat yang telah disepakati,” kata Kepala Dispenda Kota Bekasi, Aan Suhanda kepada Beritaekspres.com, Senin (14/11/2016).

Operasi Sisir kata Aan, selain bertujuan guna meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal pembayaran PBB, dan untuk mewujudkan percepatan penerimaan pajak daerah dari sektor PBB.

“Sehingga dapat membantu percepatan pembangunan di Kota Bekasi,”ucapnya.

Adapun realisasi PBB dan BPHTB terhitung sampai dengan 04 November 2016, untuk PBB dari target sebesar Rp254.774.828.550 mencapai lebih dari target sebesar Rp254.885.111.116 atau 100,04 persen. Sedangkan BPHTB dari target Rp311.349.964.600 sudah mencapai Rp219.087.716.782 atau sudah mencapai 70,40 persen.

Sementara Kepala Bidang PBB dan BPHTB Dispenda Kota Bekasi, Wahyudin menjelaskan selain operasi sisir, berbagai kegiatan pada bidang PBB dan BPHTB selama 2016 juga membuat sebuah aplikasi yang diberinama E-BPHTB Online guna mempermudah dan mempercepat pelayanan yang berkaitan dengan BPHTB.

“Aplikasi sistem online ini melayani mulai dari perekaman data, pembayaran sampai dengan validasi BPHTB. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan pihak terkait mulai dari PPAT/Notaris, BPN dan Kantor Lelang,” terang Wahyudin.

Selain itu Pihaknya juga adakan pelayanan salinan SPPT PBB (One Day Service), yakni pelanan kepada wajib pajak dengan cara mencetak ulang SPPT PBB tanpa merubah data PBB yang sudah ada.

“Pelayanan salinan ini di proses dalam waktu 1 hari selesai. Dengan syarat SPPT PBB tidak/belum diterima wajib pajak, dan SPPT PBB yang telah diterima rusak, hilang atau terbakar,”terangnya. (ADV/NDI)