Pesta Miras Oplosan, Enam Warga di Jakarta Timur Tewas 

0
82
Ilustrasi

BERITA JAKARTA – Sedikitnya enam warga tewas mengenaskan setelah pesta minuman keras (Miras) oplosan di kawasan Pulo Jahe, Cakung, Jakarta Timur. Akibat kasus ini seorang penjual miras ditetapkan sebagai tersangka. Seorang penjual miras lainnya melarikan diri. Saat ini polisi tengah memburu penjual miras yang telah mematikan itu.

Informasi yang berhasil dihimpun Beritaekspres.com, pada Kamis (24/11) sore sekitar pukul 18.00 hingga Jumat (25/11) dinihari, sekitar 15 warga menggelar pesta miras oplosan di dua lokasi. Yakni di Halte Pengarengan Jl KRT Radjiman Kelurahan Jatinegara,Cakung dan di sebuah kebon dekat pos ormas kedaerahan di Jl Kampung Lio RT 11/03 Kelurahan Jtinegara, Cakung. 

Miras tersebut  dibeli dari warung milik Udin dan Neneng, yang tak jauh dari lokasi kejadian. Usai pesta miras mereka kembali ke rumah masing-masing. Namun pada Jumat pagi, satu per satu para penenggak miras itu tewas hingga berjumlah enam orang. Sedangkan lima lainnya mual-mual dan pusing, dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

Kapolsek Metro Cakung, Kompol Sukatma saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Kini pihaknya telah memeriksa lima saksi dan satu di antaranya seorang pedagang bernama Neneng ditetapkan sebagai tersangka. Pelaku dijerat Pasal 204 KUHP tentang menjual barang berbahaya yang menyebabkan nyawa orang lain hilang. Ancaman hukumannya adalah maksimal 20 tahun penjara. 

Sedangkan Udin, penjual miras oplosan lainnya masih buron dan dilakukan pengejaran. Jika tertangkap, Udin juga akan ditetapkan sebagai tersangka. “Betul ada enam korban tewas akibat pesta miras. Saat ini satu penjual miras kita tetapkan sebagai tersangka. Penjual lainnya masih kita kejar,” ujar Kompol Sukatma kepada Beritaekspres.com, Minggu (27/11/2016).

Menurutnya, hasil penyelidikan sementara, pelaku penjual miras oploson mencampurkan alkohol dan pewarna teh yang dibeli dari toko kimia. Kemudian campuran itu masih dioplos lagi dengan extra joss, air dan madu. Setelah semua tercampur kemudian dimasukkan ke dalam kemasan botol mineral untuk diedarkan. 

Disebutkan, enam korban tewas itu masing-masing, Asalah Afrizal Manan (54), warga Kampung Pulo Jahe RT 06/12 Jatinegara. Kemudian Adeng Kurniadi (35) warga Pulo Jahe RT 14/4 Jatinegara. Selanjutnya Sobur, warga Rawa Badung RT 10/7 Jatinegara, Stefanus Joko Irianto warga Pulo Jahe RT 06/12 Jatinegara, Ahmad Haris, warga Rawa Badung RT 10/07, Ujang Selai, warga Kampung Lio RT 11/03 Pulo Jahe. 

Sementara, Camat Cakung, Alamsyah mengatakan, akan menggelar razia bersama tiga pilar untuk mengamankan penjual miras oplosan. Namun mengenai waktunya ia enggan menyebutkan. Untuk kasus tewasnya warga yang pesta miras, sudah ditangani Polsek Cakung. 

“Kasus miras oplosan sudah ditangani polsek. Namun kita akan tetap merazia penjual miras dengan tiga pilar. Waktunya nanti kita kabarkan menyusul.” Pungkasnya. (Steve)