BMH: Sahabat Pasien Bersama RSUP DR Kariadi Semarang

0
226
RSUP DR Kariadi Semarang

BERITA SEMARANG – Sebagian masyarakat yang hidup dalam keterbatasan ekonomi (dhuafa), kerap mengalami kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan. Ya, kesehatan memang sangat mahal bagi mereka yang bernasib kurang mampu dalam hal ekonomi, terlebih mereka yang berada di kawasan pedesaan terpencil.

Selain itu, minimnya informasi dan penyuluhan kesehatan di wilayah tersebut memungkinkan munculnya penyakit degeneratif yang lebih masif dan menyebarnya penyakit-penyakit menular di masyarakat.

Melihat permasalahan yang terjadi, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), sebagai salah satu lembaga zakat yang bergerak lebih dari 16 tahun dalam bidang sosial kesehatan dan kemanusiaan ini berupaya melakukan aksi nyata dalam merealisasikan layanan kesehatan gratis bagi kaum dhuafa.

Bekerjasama dengan Rumah Sakit umum Provinsi (RSUP) Dr. Kariadi semarang BMH berikan layanan kesehatan pada, Minggu (27/11/2016) yang dikemas dalam Sahabat Pasien” yang berjalan kesekian kalinya. Sahabat pasien adalah layanan kesehatan sekaligus bimbingan rohani dan spiritual kepada pasien rujuk dari berbagai Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah dengan kategori kelas 3 (dhuafa).

Dengan dibekali motivasi spiritual oleh para Dai BMH kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan biaya berobat setiap pasien kategori kelas 3.

Mukidi (56) pasien dhuafa yang menjalani rawat inap dikelas 3 dari Kabupaten Jepara merasa senang saat diberikan layanan kesehatan dan bimbingan rohani oleh BMH. Karena bapak penderita sakit komplikasi ini dirujuk ke RSUP Kariadi Semarang sejak 2 pekan yang lalu.

“Alhamdulillah maturnuwun mugi diwales kalian gusti Allah (alhamdulillah semoga dibalas sama Allah Swt bapak),” ungkapnya dengan nada lirih.

BMH sengaja memilih pasien kelas 3 karena mayoritas pasien kelas 3 adalah kategori dhuafa (lemah) baik spiritual, finansial maupun mentalnya dan kita seleksi betul setiap pasiennya, sehingga betul-betul amanah dan tepat sasaran untuk penerima manfaatnya,” ungkap Imam Muslim GM BMH Perwakilan Jawa Tengah ketika berbincang dengan Beritaekspres.com, Selasa (29/11/2016).

Lebih lanjut Muslim mengatakan program ini rutin kami jalankan setiap triwulan dan bekerjasama dengan beberapa rumah sakit umum di Semarang salah satunya RSUP DR. kariadi Semarang,” imbuhnya.

Sementara itu, Humas RSUP DR. Kariadi Semarang Achmad Suparno menyampaikan apresiasi kepada BMH atas sinerginya dan pembinaan yang dilakukan kepada pasien-pasien yang lemah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada BMH yang sudah menjalin kerjasama dengan RSUP Dr. Kariadi Semarang untuk melakukan pembinaan lebih-lebih juga dibantu untuk biaya berobatnya bagi pasien miskin,” tuturnya.

Untuk diketahui bahwa program dan layanan ini bisa berjalan karena amanah dari para donatur untuk membantu kaum dhuafa (lemah) yang dikelola oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Tengah sebagai lembaga yang resmi dan profesional. Olehnya Mari bersama BMH kita wujudkan kemuliaan dengan kepedulian. (Ikhwan)