Mengevaluasi RPJMD Kota Bekasi Dirasa Belum Maksimal

0
96
Jumhana Lutfi

BERITA BEKASI – Recana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bekasi, selama lima tahun berjalan masih dirasa belum mencapai 100 persen. Hal itu diakui Kepala Badan Perencanaan Pembangun Daerah Kota Bekasi Jumhana Luthfi.

Menurutnya, ada beberapa target yang dicanangkan oleh Walikota dan Wakil Walikota yang tertuang dalam RPJMD 2013-2018 diantaranya, Sektor Pendidikan, Kesehatan, Administrasi Pemerintahan, Pendidikan, Infrastruktur, Penyerapan tenaga Kerja, dan Adipura Kota Bekasi.

“Beberapa dari kegiatan tersebut yang sudah tercapai seperti perbaikan infrastruktur pembangunan atau peningkatan jalan lebih dari 90 persen. Peningkatan taraf hidup melalui peran pendidikan dan kesehatan serta penyerapan tenaga kerja,” kata Luthfi, Selasa (29/11/2016).

Meskidemikian, ucap Luthfi, Untuk target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap administrasi keuangan pemerintah daerah Kota Bekasi sudah tercapai pada tahun ini.

“Sementara Piala Adipura belum di dapat kota bekasi. Kondisi layak jalan atau baik sudah mencapai sekitar 90 persen,Pendidikan dan pengurangan angka kemiskinan sudah dapat di capai melalui penyerapan tenaga Kerja,” terangnya.

Selain itu tambah Luthfi, Ada beberapa infrastruktur yang penting dan menjadi target RPJMD atau masuk program utama Pemerintah Kota Bekasi.

“Seperti pembangunan flay over underpas Bulak Kapal sudah mulai berjalan untuk pembebasan lahannya,” tambahnya.

Hal senada diakui Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Bahwa proses berjalannya pembangunan di Kota Bekasi memang belum tercapai 100 persen. Akan tetapi pihaknya bersama Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu, dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah lainnya berjanji akan memenuhi target RPJMD hingga 2018.

“Soal pembangunan, saat ini kita pikirkan untuk perumahan murah dan nyaman (MBR),   termasuk dana yang di alokasikan pendanaannya untuk pembenahan pemukiman kumuh sekitar 100 milyar,” kata Rahmat.

Sedangkan alokasi anggaran pendidikan sudah diatas 28% dari total belanja modal, termasuk kesehatan hingga diatas 20 persen dari APBD.

“Artinya upaya-upaya kita sudah cukup maksimal, dan saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam mewujudkan RPJMD sebagai janji politik pasangan PAS,” ujarnya. (NDI)