Soal Pesapon, Walikota Bekasi: Jangan Pandang Sebelah Mata

0
77
Walikota Dengan Para Pesapon

BERITA BEKASI – Petugas kebersihan (Pesapon) merupakan salah satu profesi penting yang sering sekali kita abaikan. Profesi yang sering dipandang sebelah mata ini, sebenarnya sangat berperan penting dalam siklus hidup sebuah Kota.

Hal itu diungkapkan Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi ketika berbincang dengan Beritaekspres.com, Kamis (1/12/2016).

Menurut Rahmat, para petugas kebersihan Kota ini bekerja hampir tanpa kenal lelah dan waktu. Disaat pagi buta dengan udara dingin yang menusuk kulit para petugas ini, mulai berjibaku dengan sampah-sampah yang berserakan dihampir setiap sudut Kota.

“Siang hari saat matahari sedang terik-triknya, petugas kebersihan ini, terus berinteraksi dengan sampah yang kembali berserakan lagi di pinggir jalan,” terangnya.

Saat malam tiba lanjut Rahmat, mereka bersiaga dengan sapu dan karung-karung yang mereka bawa untuk menampung sampah yang selalu ada hampir disetiap sudut Kota, meski sudah begitu banyak tempat sampah yang disediakan Pemerintah Daerah (Pemda) disetiap sudut Kota.

Untuk itu tambah Rahmat, dirinya menghimbau kepada masyarakat Kota Bekasi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hargailah hasil kerja para pesapon dengan tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Dengan kita pikirkan jaminan kesehatan dan upah mereka di 2017 minimal setara dengan UMK Bekasi Rp3,6 juta agar mereka bisa sedikit hidup layak dengan keluarga mereka dirumah.” Tandasnya. (Ndi)