Pusdik Penerbad Gelar Tradisi Corps Pembaretan dan Latihan Berganda

0
327

BERITA SEMARANG – Pusdik Penerbad menggelar Latihan Berganda yang ditutup dengan Tradisi Corps Pembaretan Pasis Diksarcab Penerbad dan Dikmata TNI AD Tahap II Kecab Penerbad 2016 yang diselenggarakan di Pantai Maron, lingkungan Pangkalan Udara Utama A. Yani Semarang, Jumat (2/12/2016).

Acara tradisi ini merupakan kegiatan simbolis dalam rangka menyambut anggota baru yang akan masuk menjadi keluarga besar Corps ‘Wira Amur’. Kegiatan sendiri dilakukan selama 3 hari dimulai pada, Rabu (29/11) dengan berbagai latihan materi seperti patroli, survival hutan, rawa, dan laut yang memerlukan kesiapan fisik prima.

Danpusdik Penerbad, Kolonel Cpn Suprapto,S.E melalui Komandan Satuan Pendidikan Bintara/Tamtama (Dansatdik Ba/Ta) Pusdik Penerbad, Letkol Cpn Sundoro Agung Nugroho, M.Si.(Han) menyampaikan tujuan kegiatan tersebut untuk menguji apakah materi yang mereka terima selama pendidikan bisa mereka laksanakan di lapangan.

“Selain itu, untuk menumbuhkan rasa bangga, jiwa corsa, paling tidak mereka memiliki rasa cinta pada Corps Penerbad,” tandas Sundoro kepada Beritaekspres.com, Jumat (2/12/2016).

Sementara pada kegiatan Pendidikan Dasar Kecabangan Penerbad diikuti 23 orang Serdik, terdiri dari 20 orang Diktukpa TNI AD dan 3 orang dari Sepa PK AD, ditambah 1 orang organik yang baru masuk jajaran Puspenerbad, sedang dari Dikmata TNI AD Tahap II Kecab Penerbad berjumlah 20 orang Serdik.

Menurutnya, penambahan personel Perwira Corps Penerbangan didapat dari berbagai sumber, dari Perwira lulusan Akademi Militer, Sepa PK AD, Secapa AD dan PSDP. Para lulusan Pendidikan Pertama/Diktuk tersebut sebelum menjadi Perwira Corps Penerbangan harus melalui Pendidikan Dasar Kecabangan yang dilaksanakan di Pusdik Penerbad.

Sedangkan untuk mengisi personel Bintara dan Tamtama bersumber dari Pendidikan Pertama tahap dua Kecabangan Bintara dan Tamtama TNI AD.

“Sebelum pendidikan ditutup, para peserta melaksanakan latihan berganda yang merupakan rangkaian akhir kegiatan pendidikan, dilanjutkan tradisi Corps Pembaretan yang berarti penyematan/penggunaan baret dengan embleem ‘Wira Amur’ secara resmi kepada lulusan Diksarcab tersebut,” jelas Sundoro.

Selain kegiatan yang bersifat kurikuler, juga dilaksanakan bhakti masyarakat berupa penyerahan bibit sengon untuk warga dusun Promasan Kecamatan Limbangan, Kendal.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, Danpusdik Penerbad merasa bangga akan kesungguhan, semangat dan rasa senasib sepenanggungan dari para peserta selama mengikuti kegiatan.

Danpusdik juga menekankan kepada peserta didik, setelah memakai barret dengan embleem ‘Wira Amur’ hendaknya menjaga kehormatan, kewibawaan dan kebanggaan sebagai prajurit Corps Penerbangan. (Nining)

Biro Semarang