Sungai Setail Desa Purwoharjo Jadi Tempat Sampah Warga

0
150
Sungai Setail Purwoharjo

BERITA BANYUWANGI – Bantaran sungai yang semestinya bersih, terlebih lagi dimusim penghujan, justru malah menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) oleh warga. Alasan warga, karena memang tidak adanya tempat untuk membuang sampah.

Sampah yang menumpuk dibantaran Sungai Setail yang berlokasi di dekat jembatan Desa Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo itu, sudah berjalan selama bertahun – tahun menjadi tempat pembuangan sampah akhir baik dari warga setempat ataupun warga dari Desa lain.

Sampah yang menumpuk dibantaran Sungai itu, selain mengeluarkan bau busuk yang menjadi polusi udara juga menghambat aliran arus Sungai. Terlebih lagi, ketika hujan turun debit air pun meningkat akibat tertutup sampah yang berserakan dibibir Sungai.

Kepada Beritaekspres.com, salah seorang warga Hendra (46) mengungkapkan, hampir sebagian warga disini maupun tentangga Desa membuang sampahnya dilokasi Sungai Setail. “Habis mungkin warga juga bingung mau buang kemana, karena pemerintah Desa ngak menyediakan tempat untuk membuang sampah warga,” katanya.

Dilokasi ini sambung Hendra yang membuang sampah itu datang dari mana-mana. Bahkan dirinya pernah melihat ada yang membuang sampah itu datang menggunakan mobil. “Kalau Pemerintah setempat tidak segera memberikan solusi ini lama-lama akan berdampak sangat buruk bagi lingkungan dan ini sudah berjalan selama bertahun-tahun,” tandasnya.

Selain dibantaran Sungai, tumpukan sampah juga terlihat dibelakang Pasar Purwoharjo, tepatnya diparkiran sepedah. Selain bau yang menyengat juga bisa mendatangkan penyakit, karena tempatnya yang berdekatan dengan pemukiman warga sekitar.

Terpisah, Kepala Desa Purwoharjo, Suraji mengakui, memang selama ini warga membuang sampah dibantaran Sungai dekat jembatan, tapi kita sudah peringati dengan memasang papan yang bertuliskan dilarang membuang sampah. Namun warga tetap membuang sampah. “Kita sudah kasih tulisan larangan, malah dicabut warga,” ungkapnya kepada Beritaekspres.com, Senin (5/12/2016).

Kalau yang dibelakang pasar lanjut Suraji, memang sengaja dibuang dilokasi itu, agar warga tidak membuang sampah di bantaran Sungai lagi, tapi pada kenyataannya, warga tetap ada yang masih membuang dilokasi Sungai,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Purwoharjo, A. Laini mengaku, pihaknya sudah menyiapkan lokasi untuk pembuangan sampah. “Kami sudah buatkan tempat pembuangan sampah (TPS), nantinya  seluruh warga Desa Purwoharjo buangnya ya disana, tempatnya di Dusun Curah Pecak, Desa Purwoharjo dan sekarang masih tahap pengerjaan.” Pungkasnya. (Rony)

Biro Banyuwangi