Vonis Bebas Terdakwa Narkoba, Kejari Bondowoso Ajukan Kasasi

0
252
Kasie Pidum, Arif Suyono, SH

BERITA BONDOWOSO – Terkait dengan vonis bebas Eka Samawi, terdakwa kasus narkoba oleh Pengadilan Negeri (PN) Bondowoso, Jawa Timur, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso merasa tidak puas dengan putusan Majelis hakim tersebut. Pihak Kejari Bondowoso akan melakukan kasasi terhadap vonis bebas itu.

Rencana kasasi tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Umum (Pidum) kejaksaan Negeri Bondowoso, Arif Suryono, SH, kepada Beritaekspres.com ketika ditemui di Kantornya, Rabu (7/11/2016). Menurutnya, ketika dirinya menerima salinan putusan Majelis hakim itu, dirinya langsung memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan upaya kasasi itu.

“Begitu Jaksa Penuntut Umum (JPU)nya melapor ke saya bahwa terdakwah (Eka Samawi, red) divonis bebas, saya langsung untuk melakukan kasasi,” terang Arif Suryono.

Arif menilai, Saksi yang dihadirkan dalam sidang kasus narkoba tersebut sudah sesuai prosedur. Katanya, saksi yang dihadirkan itu adalah saksi yang menangkap dan dalam pandangannya, kedua saksi itu tidak dibantah oleh terdakwah.

“Saksi itu kan sudah disumpah, dikhawatirkan melaksanakan tugas negara lainnya. Disumpah itu kan artinya dianggap sama dengan apa yang diberikan dipersidangan. Ketika saksi hadir dalam persidangan dan memberikan keterangan, terdakwah tidak keberatan,” beber Jaksa asal Situbondo ini.

Lebih lanjut Arif Suryono mengungkapkan, langkah kasasi yang akan dilakukan pihaknya merupakan bentuk supremasi hukum yang harus ditegakkan. Sementara, vonis bebas terhadap terdakwah itu merupakan kewenangan majelis hakim.

“Kalau bebas atau masuk kan kewenangan hakim. Kita kan punya pendapat lain. Dalam pandangan kita, dalam kasus tersebut sudah unsur  tindak pidana narkoba,” pungkasnya. (Abdul Wahet)

Biro Bondowoso