80 Unit Rumah di Kelurahan Kayuringin Tak Layak Huni

0
121
Koordinator BKM Amanah, M. Djafar

BERITA BEKASIBadan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah, mencatat ada sebanyak 80 unit rumah warga di wilayah Kelurahan Kayuringin Jaya, dikategorikan sebagai Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Menurut Koordinator BKM Amanah, Muhammad Djafar, bahwa target Rutilahu yang akan diselesaikan sesuai alokasi anggaran dari APBD Kota Bekasi, sebesar Rp 500 juta,  sebanyak 13 unit rumah yang akan mendapat bantuan. Dari 13 unit Rutilahu tersebut, pada tahun ini pihaknya telah menyelesaikan sebanyak 4 unit.

“Kategori yang telah mendapat bantuan itu, rumahnya bocor, tidak ada atapnya, temboknya terbuat dari kayu, dan tentunya rumah itu tidak sehat,” bebernya.

Dijelaskan Djafar, masing-masing bantuan Rutilahu nantinya harus memiliki dana pendamping untuk menambah anggaran yang diberikan Pemerintah yakni senilai Rp 20 juta, setiap Rutilahu.

“Untuk mendapatkan dana partisipasi 30 persen itu, kami berkoordinasi dulu dengan keluarga yang bersangkutan khususnya jika ada yang mampu. Jika mereka tidak bisa, baru kemudian kami minta partisipatif dari masyarakat, termasuk bantuan berupa tenaga pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut,” tutur Djafar.

Bantuan terhadap Rutilahu dikatakan Djafar berdasarkan usulan dari tingkat RT dan RW, kemudian BKM, melakukan verifikasi terhadap sejumlah rumah warga yang telah diusulkan tersebut.

“Usulan dari RT dan RW, kemudian kita verifikasi langsung ke lapangan,” ujarnya.

Menurut dia, mayoritas warga yang tinggal di 26 RW, Kelurahan Kayuringain Jaya, telah merasakan manfaat kegiatan yang dilaksanakan oleh BKM Amanah. Terbukti selain bantuan Rutilahu, BKM juga turut berpartisipatif membangun dan memperbaiki sejumlah infrastruktur.

“Rutilahu, Jalan dan perbaikan saluran air, juga menjadi program kegiatan di BKM,” tandasnya. (Bray)