Jalan Rusak, Warga Tanam Pohon Pisang di Jalur Lingkar

0
70
Lokasi Jalan Rusak

BERITA BUMIAYU – Kesal terhadap kondisi jalan yang rusak parah, sejumlah warga menanam pohon pisang di sejumah titik lokasi jalan Lingkar Bumiayu.

Di Kecamatan Bumiayu, selain di wilayah ruas jalan Lingkar, kondisi kerusakan jalan terjadi di wilayah Desa Jatisawit hingga simpang tiga Bumiayu-Bantarkawung, Jawa Tengah.

Kepada Beritaekspres.com, Yogi Bawono, salah seorang warga mengatakan pohon pisang tersebut dipasang warga sejak malam hari.

Itu merupakan upaya warga guna memberikan peringatan kepada pengguna jalan, bahwa kondisi jalan mengalami kerusakan dan cukup berbahaya.

“Spontanitas saja, sebab belakangan ini beberapakali sepeda motor jatuh dilokasi ini setelah menerabas lubang jalan utamanya saat malam hari. Selain itu juga agar kondisi kerusakan bisa segera tertangani,” ungkapnya, Kamis (15/12/2016).

Sebuah pohon pisang cukup mencolok berada di simpang empat jalan lingkar Terminal Bumiayu. Di lokasi, warga menanam pohon pisang karena lubang jalan sangat membahayakan pengguna jalan.

“Terlebih keberadaannya tepat di persimpangan jalan, jika kendaraan dari arah selatan tidak memperhatikan kondisi jalan, maka bukan tidak mungkin memicu terjadinya kecelakaan,” kata Yogi.

Sebelumnya warga telah berupaya melakukan penambalan darurat dengan mengurug lubang jalan menggunakan material seadanya. Dengan harapan Dinas terkait bisa menindak lanjuti, melalui perbaikan secara permanen.

“Tapi nyatanya tidak, justru kerusakan bertambah parah,” imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, saat volume kendaraan meningkat seiring dengan datangnya libur panjang, banyak kendaraan yang terjerembab di lubang jalan. Selain mengalami kerusakan, beberapa insiden nyaris menimbulkan kecelakaan.

“Sebab ini adalah jalan utama, banyak pengemudi yang bukan asli dari sini. Sehingga mereka tidak mengetahui, jika dilokasi tersebut ada lubang besar di tengah jalan. Beruntung tidak sampai terjadi kecelakaan,” ucapnya.

Selain wilayah Kecamatan Bumiayu, lubang jalan yang tersebar mulai dari wilayah Desa Kretek hingga Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan. Terkait kondisi tersebut, Dishub melalui kepala Terminal Bumiayu Nurul Ismed meminta pengendara untuk meningkatkan kewaspadaanya selama berkendara.

“Tingginya intensitas hujan yang masih berlangsung saat ini dan juga intensitas kendaraan, semakin mempercepat kerusakan jalan. Perlu kewaspadaan ekstra bagi pengguna kendaraan, utamanya pada malam hari,” ingatnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal