Arus Lalulintas Tegal Membludak, Polisi Berlakukan Contra Flow

0
86
Kota Tegal

BERITA TEGAL – Arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru di Jalan Nasional yang menghubungkan Kota Tegal dengan Kabupaten Brebes sudah dipadati kendaraan dari Jakarta yang akan menuju ke Jawa Tengah dan sekitarnya. Kendaraan mulai meningkat sejak, Jumat (23/12) pukul 08.30 WIB kemarin. 

Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus kendaraan, petugas Satlantas Polresta Tegal Kota mulai memberlakukan sistem Contra Flow agar volume kendaraan yang menuju dalam kota dari barat tak menimbulkan antrean dan cepat terurai.

Kendaraan yang melintasi jalur pantura dalam Kota Tegal dari arah timur, diberlakukan searah sejak penggal Jl. Gajahmada ke Jl. Mayjen Soetoyo hingga Perempatan Maya. Sebaliknya arus dari Jakarta, dibelokan menuju Jl. Dr. Soetomo lalu ke Jl. Gajahmada hingga jalur pantura.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Unit Patroli Satlantas Polres Tegal Kota Ipda Bambang SW mengatakan, peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak Kamis (22/12) sore lalu. Menurutnya, peningkatan volume kendaraan mencapai 30 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Selain arus kendaraan dari Jakarta, peningkatan kepadatan juga dikarenakan warga yang akan berlibur ke sejumlah tempat wisata.‎ “Peningkatan volume kendaraan mencapai 30 persen. Makanya tadi sempat terjadi kemacetan,” ujar Bambang, Minggu (25/12/2016). 

Padatnya arus lalu lintas juga diungkapkan Yogi Yudo Bawono (37), yang mengendarai mobil pribadi dari arah Jakarta tujuan Klaten Jawa Tengah. Menurutnya, terjadinya penumpukan kendaraan sudah mulai terlihat sejak pintu keluar (Brexit) Tol Brebes Timur.

Penyebabnya, momen libur Natal dan libur panjang sekolah membuat kendaraan ber-plat luar daerah banyak yang memilih berlibur ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya. “Kepadatan arus kendaraan, tidak separah Idul Fitri kemarin. Ini mending, cuma 30 menit dari Brexit Tol Brebes timur masuk jalan Kota Tegal,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Arman (50), pengendara asal Indramayu yang ingin berlibur bersama keluarga ke Semarang untuk mengisi libur sekolah dan Natal. Meski tersendat, dia mengaku menikmati perjalanan karena arus lalu lintas dan volume kendaraan yang melintas masih tergolong padat merayap. 

“Tapi, titik rawan krodit juga perlu diwaspadai seperti di SPBU dan perempatan Pasar Sumurpanggang arah terminal Tegal,” ujarnya.

 Berdasarkan pantauan Beritaekspres.com, disejumlah titik, mulai diberlakukannya Contra Flow dari gerbang perbatasan Kota Tegal-Brebes menuju dalam kota. Sedangkan, untuk memecah kepadatan volume kendaraan pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di sejumlah titik meliputi Terminal Tegal sebelah timur dan Perempatan Pacific Mall. (Boy Rasta)

Biro Tegal