Tahun 2017, Masyarakat Bondowoso Urus Ijin Bisa di Kecamatan

0
455

BERITA BONDOWOSO – Untuk mengurus izin tidak perlu lagi harus ke Kantor perizinan. Pasalnya, semua Camat di Kabupaten Bondowoso bisa menandatangani surat izin yang dibutuhkan masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT), Kabupaten Bondowoso, Purno Winardi ketika dikonfirmasi Beritaekspres.com melalui telepon selulernya, Jumat (30/12/2016).

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Bupati (Perbub) Bondowoso Nomor 52 Tahun 2016 tentang sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) yang akan diberlakukan mulai tahun 2017 mendatang. 

“Untuk mengurus ijin, masyarakat Bondowoso tidak usah lagi datang langsung ke Kantor Perijinan. Sebab pada tahun 2017 sudah bisa diurus di Kantor Kecamatan setempat,” beber Purno Winardi.

Lebih lanjut Pur -sapaannya- mengatakan, tidak semua dokumen perijinan bisa di tanda tangani Camat. Hanya beberapa dokumen saja yang sebelumnya menjadi kewenangan Bupati bisa di handle Camat pada tahun 2017 nanti.

“Pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat tersebut meliputi pelayanan perizinan diantaranya, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) skala kecil, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) tanpa HO, Surat Izin Tempat Usaha (Situ) tanpa HO, Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil, Izin Hiburan, Izin Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum, Izin Usaha Jasa Pariwisata,” paparnya

Disamping diberi kewenangan untuk menandatangani beberapa dokumen perijinan, Camat juga diberi wewenang untuk melayani dokumen non perizinan yang meliputi, Melegalisasi Proposal yang diajukan masyarakat, Pengantar Surat Keterangan Tidak  Mampu, Pengantar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Pengantar keterangan Nikah, Talak, Cerai dan Rujuk (NTCR).

Melegalisasi pengantar pendirian kelompok usaha koperasi dan badan hukum serta lembaga nirlaba lainnya, surat keterangan waris, surat keterangan boro kerja, pengantar izin galian bantuan bukan mineral, pengantar surat izin penebangan kayu, rekomendasi pendirian kelompok kesenian dan sanggar seni, pengantar potong hewan untuk hajatan dan hari – hari besar keagamaan, pengantar kartu tanda pencari kerja, surat keterangan melakukan perjalanan ke luar kota.

Dalam perbup itu juga dijelaskan bahwa pelayanan tersebut di laksanakan oleh Tim Paten yang terdiri dari Camat, Sekretaris Camat, kepala seksi keamanan dan ketertiban, tenaga teknis. Selain itu Camat juga bertugas untuk melaporkan hasil pelaksanaan kewenangannya kepada Bupati melalui Sekretaris daerah setiap tri wulan dan akhir tahun. (Abdul Wahet).

Biro Bondowoso