Pergerakan Tanah, Rusak Belasan Rumah di Kabupaten Tegal

0
97

BERITA TEGAL – Belasan rumah di wilayah Desa Derma Suci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Jawa Tengah mengalami kerusakan. Hal itu menyusul terjadinya bencana tanah bergerak yang melanda pasca wilayah tersebut diguyur hujan lebat kemarin.

Sugiworo (55), warga sekitar, menuturkan hujan lebat melanda wilayah tersebut mulai pukul 17.00 WIB. Hingga pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, warga mendengar suara gemuruh disalah satu titik.

“Sebagian warga kemudian keluar rumah untuk memastikan apa yang terjadi. Ternyata, ada tebing yang longsor,” ujarnya kepada Beritaekspres.com, Sabtu (31/12/2016). 

Tinggi tebing yang mengalami longsor sekitar 3-5 meter. Sementara panjangnya mencapai sekitar 100 meter. Longsoran tebing tersebut mengenai sejumlah rumah sehingga rumah-rumah tersebut mengalami kerusakan.

Sementara itu Kades Dermasuci Mulyanto mengatakan jumlah rumah yang mengalami kerusakan ada 17 unit. Empat rumah mengalami kerusakan cukup parah, sementara sisanya hanya rusak ringan dan sedang.

“Kejadian seperti ini sudah beberapa kali terjadi disini. Apalagi, saat curah hujan cukup tinggi seperti tadi malam. Potensi longsornya cukup tinggi juga,” ungkapnya.

Meski demikian, Mulyanto mengaku kesulitan jika akan merelokasi warganya yang terancam longsor. Pasalnya, selain warga sendiri yang tidak mau direlokasi juga keterbatasan lahan menjadi kendala. (Boy Rasta) 

Biro Tegal