Wow…! Harga Cabai Rawit di Pantura Tembus Rp100 Ribu

0
57

BERITA TEGAL – Memasuki permulaan tahun 2017, harga cabai rawit di Pantura Tegal Jawa Tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan yang mencapai hingga 50 persen ini diduga karena kurangnya pasokan dari petani.

Muryati salah seorang pedagang di Pasar Pagi Tegal mengatakan jenis cabai yang mengalami kenaikan yakni cabai rawit merah dan hijau. Harga cabai rawit merah melonjak dari semula Rp60.000 per kilogram (kg) menjadi Rp100.000 per kg dalam beberapa pekan terakhir.

Sedangkan untuk harga cabai rawit hijau Rp40.000 per kg menjadi Rp70.000 per kg. “Kenaikan harga cabai berkisar antara Rp20.000-30.000. ‎Jenis cabai yang harganya melonjak paling tinggi adalah cabai rawit merah,” ungkapnya kepada Beritaekspres.com, Jumat (6/1/2017).

Meski demikian, cabai merah besar dan hijau harganya masih stabil. Harga cabai merah besar dan hijau antara Rp40.000-45.000 tergantung kondisi cabai masih bagus atau sudah mulai rusak.

Kenaikan harga disebabkan menipisnya pasokan dari sejumlah daerah sentra penghasil cabai, seperti Pemalang. Curah hujan yang tinggi membuat banyak petani cabai mengalami gagal panen.

“Pasokan dari petani berkurang, karena mereka banyak yang gagal panen akibat hujan yang turun terus menerus,” ucapnya.

‎Muryati mengaku biasanya mendapat pasokan cabai hingga satu kuintal per hari. Namun kini jumlah pasokan berkurang hingga separuhnya. “Harapanya pasokan akan meningkat kembali sehingga harganya akan berangsur turun,” pungkasnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal