Kak, Rahmat Effendi Ajak Pramuka Jadi Pelopor Bank Sampah 

0
81
Dr. H. Rahmat Effendi (Kanan)

BERITA BEKASI – Walikota Bekasi Rahmat Effendi selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bekasi pagi tadi bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Jatisari Kota Bekasi membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi tahun 2017.

Acara yang di barengi dengan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kota Bekasi Masa Bakti 2016-2017 juga dihadiri oleh Ketua Harian Kwarda Jawa Barat, Baim Setiawan.

Dalam sambutannya Kak Kwarcab Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, Kwarcab Kota Bekasi harus menjadi barometer ke pramukaan di Jawa Barat.

Selain itu, Kota Bekasi saat sini sedang giat-giatnya membangun. Dengan demikian Rahmat  mengajak Pramuka untuk dapat  turut serta dalam pembangunan di Kota Bekasi.

“Kita ambil contoh, Pramuka Kota Bekasi bisa menjadi pelopor Bank Sampah, dengan digulirkannya dana pengelolaan bank sampah Rp20 juta tiap RW,” terangnya kepada Beritaekspres.com, Sabtu (21/1/2017)

Diharapkan lanjutnya, organisai Pramuka di tiap Kecamatan dapat ikut mengelola bank sampah, sehingga dapat juga menerima dana pengelolaan Bank sampah tersebut sebagai bagian membangun Kota Bekasi di bidang kebersihan lingkungan.

“Pemerintah Kota Bekasi saat ini mempunyai APBD sebesar Rp5,6 triliun dimana telah melampaui target RPJMD yang ada,” ujarnya.

Untuk itu, kata Rahmat, dengan besarnya APBD Kota Bekasi saat ini, Pramuka harus dapat turut serta menjadi pelaku pelopor Bank Sampah, karena selain mendidik adik-adik pramuka untuk hidup bersih, Bank Sampah yang nantinya di Kelola oleh Pramuka di tiap ranting dapat menjadi yang terbaik dalam pengelolaannya.

“Rapat Kerja ini juga saya harapkan mampu menghasil program- program ungulan kepramukaan,terobosan-terobosan yang ada harus mampu membawa paradigma kemajuan kepramukaan di Kota Bekasi. Money follow Program,jadi programnya dulu di siapkan , penempatan dana akan ada di  program prioritas,” jelas Rahmat Effendi.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarda Jawa Barat, Baim Setiawan, mengungkapkan bahwa Kwarcab Pramuka Kota Bekasi merupakan yang terbaik se-Jawa Barat, untuk itu rapat kerja ini menjadi acuan Pramuka di daerah-daerah lain di Jawa Barat.

“Selamat melaksanakan Rapat Kerja,semoga apa yang diniatkan menjadi tujuan kita bersama dalam memajukan Pramuka di Jawa Barat,khususnya di Kota Bekasi ini.” Ungkap Baim. (NDI)