Sumarno: KPU DKI Tak Terganggu Hasil Survei

0
72

BERITA JAKARTAKetua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menegaskan pihaknya tidak terganggu dengan hasil lembaga survei soal pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Sebagai penyelenggara, kata Sumarno, KPUD fokus pada pelaksanaan teknis tahapan Pilkada DKI Jakarta.

“Sejauh ini, KPUD tidak merasa terganggu dengan hasil survei. Kami fokus pada pelaksanaan teknis tahapan Pilkada,” ujar Sumarno dalam Talkshow Akhir Pekan Terhangat yang bertajuk “Antara Survei dan Realitas” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (21/1/2017).

Selain Sumarno, hadir juga sebagai pembicara, antara lain Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha, Direktur Eksekutif Polmark Research Centre Eep Saifulloh Fatah, Timses AHY-Silvy, Didi Irawadi Syamsuddin, Timses Ahok-Djarot Jerry Sambuaga dan Timses Anis-Sandi Ferry Juliantono.

Sumarno mengatakan pihaknya juga tidak dalam kapasitas mengomentari hasil survei sejumlah lembaga survei. Apalagi, kata dia, menentukan mana hasil survei yang benar dan mana yang tidak. “Namun, kami berharap lembaga survei bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat,” imbuh dia.

Lebih dari itu, dia mengakui bahwa beberapa lembaga survei cukup membantu KPU dalam mengevaluasi kerja penyelenggara. Pasalnya, ada lembaga survei yang mengajukan pertanyaan terkait efektivitas sosialisasi yang dilakukan KPU.

“Hasil dari pertanyaan itu kan bisa menjadi kesempatan evaluasi bagi KPU untuk meningkatkan sosialisasi terkait hal teknis penyelenggaraan pilkada DKI Jakarta. Memang sosialisasi kita belum maksimal, perlu ditingkatkan.” Ungkapnya. (CR-2)