Konflik GMBI, Delvin: Padahal Sudah Bertemu Dengan FPI

0
145
Pertemuan LSM GMBI dan FPI Summarecon

BERITA BEKASI – Ketua Investigasi LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Bekasi, Delvin Chaniago, kembali meneruskan klarifikasi yang dilakukan Ormas Front Pembela Islam (FPI) Bekasi Raya yang menyebut Murhali Barda dan Budi Santoso, bukanlah pengurus FPI.

“Tapi kedatangan mereka (Murhali Barda dan Budi Santoso) untuk meredam, dan saat kedatangan mereka mengaku akan menjembatani dan berencana bertemu dengan Habib Salim (Ketua FPI Bekasi Raya),” terang Delvin kepada Beritaekspres.com, Minggu (22/1/2017).  

Menurut Delvin, mereka ingin bertemu saat itu di Masjid Al-Barkah di Jalan Veteran, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan. GMBI pun sepakat demi menjaga kondusifitas wilayah Kota Bekasi.  

“Mereka berdua sebenarnya juga pernah berada di Ormas FPI dan merupakan salah satu tokoh dilingkaran Ormas FPI wilayah Bekasi. Jadi ini klarifikasi atas nama LSM GMBI saja,” katanya.

Dijelaskan Delvin, sebelumnya LSM GMBI dan Ormas Front Pembela Islam (FPI) Kota Bekasi sudah sepakat untuk menjaga kondusifitas di Kota Bekasi. Kedua Ormas ini bertekad untuk tak terpengaruh bentrokan yang terjadi di sejumlah daerah antara kedua Ormas.

Peremuan itu lanjut Delvin, dihadiri Sekjen FPI Kota Bekasi HM. Barkatullah dan Ketua Distrik LSM GMBI Abah Zakaria. “Pertemuan itu di Summarecon yakni, restouran Bandar Jakarta pasca usai terjadinya bentrok didepan Mapolda, Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Masih kata Delvin, pertemuan itu juga disaksikan pihak Kepolisian, antara lain Kabag Ops Polrestro Bekasi Kota, Kapolsek Medansatria, dan Kasat Intelkam Polrestro Bekasi Kota.

“Ketua kita juga turut menghimbau agar anggotanya tak mudah terprovokasi dengan kabar aksi balasan pasca terjadinya bentrokan dengan Ormas FPI di Mapolda Bandung, Jawa Barat lalu dan menyebar ke beberapa kota lain,” imbuhnya.

Herannya tambah Delvin, kenapa kabar yang beredar seakan LSM GMBI tidak ada upaya untuk mediasi atau usaha untuk meredam situasi ini agar tidak menjadi konplik berkepanjangan. “Kita selalu sepakat untuk menjaga kondusifitas di Kota Bekasi ini.” Pungkasnya. (Indra)