Operasi Serentak Pengawasan Orang Asing, 35 WNA Diamankan

0
85
Jalan sehat HUT Imigrasi ke 67

BERITA SEMARANG – Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke 67, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum dan HAM) Jawa Tengah melaksanakan operasi serentak pengawasan orang asing yang digelar mulai tanggal 16 hingga 23 Januari 2017.

Dari hasil operasi tersebut, pihaknya berhasil menangkap 35 tenaga kerja asing dalam pelanggaran keimigrasian di wilayah Jawa Tengah dengan sandi ‘Bumi Pura’.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum dan HAM Jawa Tengah, Bambang Sumardiono menyatakan bahwa dirinya bersama Kadiv Imigrasi langsung terjun ke lapangan melaksanakan operasi tersebut di wilayah Jawa Tengah.

“Di wilayah Kantor Imigrasi (Kanim) Semarang, kami mengamankan 3 Warga Negara Asing (WNA), yakni 1 orang kewarganegaraan Malaysia, dan 2 dari RRC,” ujar Bambang kepada awak media usai pelaksanaan jalan sehat di Kantor Imigrasi Semarang, Minggu (22/1/2017).

Sementara itu di wilayah Kanim Pati, pihaknya berhasil mengamankan 3 WNA asal RRC, sedangkan di Kanim Solo ada 1 WNA asal Malaysia.

“Kanim Pemalang cukup besar yakni ada 27 WNA asal Cina yang kita amankan. Mereka tanpa dokumen yang jelas,” tandas Bambang.

Untuk Kanim Wonosobo juga berhasil mengamankan 1 WNA asal Malaysia. Namun untuk wilayah Cilacap saat operasi berlangsung, lanjut Bambang, hasilnya nihil, dan akan terus dikembangkan.

Menurut Bambang, kesemuanya masih dalam proses pendalaman, dimana dokumen-dokumen masih dalam pemeriksaan.

 “Mereka yang tertangkap adalah menyalahgunakan ijin, ijinnya untuk pariwisata namun mereka banyak yang bekerja. Bahkan ada yang sama sekali tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian,” jelasnya.

Diketahui untuk tahun 2016, pihaknya telah mendeportasi sebanyak 107 orang WNA. Selanjutnya Bambang juga meminta kepada Kadiv Imigrasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan paspor.

Sementara dalam rangkaian HUT Imigrasi yang ke 67 ini, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial dengan mengunjungi panti, dan sebagai puncak acara akan dilaksanakan upacara Hari Bhakti Imigrasi ke 67 dan syukuran di Kanwil Kemenkum dan HAM Jawa Tengah pada 26 Januari mendatang. (Nn)

Biro Semarang