Mensos RI, Glontorkan Bansos PKH Rp6 Triliun di Jawa Timur

0
79
Mensos RI, Khofifah Endar Parawangsa

BERITA MALANG – Tahun 2017 ini Kementerian Sosial Republik Indonesia glontorkan bantuan sosial dan rastra dalam program keluarga harapan (PKH) untuk wilayah Jawa Timur sebesar Rp6 triliun rupiah. Hal ini terbukti, Menteri Sosial RI, Khofifah Endar Parawangsa memberikanya secara simbolis di halaman Kantor Pos Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, Senin (23/1/2017) siang.

“Kalau dulu namanya raskin yaitu beras untuk keluarga miskin. Sekarang menjadi rastra yaitu beras untuk keluarga sejahtera,” ujar Khofifah, Senin (23/1) siang.

Dikatakan Khofifah, penggantian istilah dari raskin menjadi rastra ini bertujuan untuk menghindari kemiskinan. “Untuk selanjutnya, diharapkan masyarakat menjadi keluarga sejahtera yang jauh dari kemiskinan,” tegasnya.

Sementara, Dirjend Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Heri Hikmad menjelaskan, bahwa untuk wilayah, Kabupaten Malang dialokasikan sebesar Rp106 miliar.

“Untuk saat ini, yang hadir dari keluarga penerima manfaat berjumlah 515 jiwa yang mewakili 34.286 jiwa dengan 198 pendamping,” terangnya.

Menurut Heri, bantuan sosial ini sangat bermanfaat untuk prestasi pendidikan juga untuk pengembangan usaha keluarga sejahtera. “Ini terbukti, berangkat dari keterbatasan ke depan bisa mewujudkan prestasi,” tendasnya singkat.

Sementara, Bupati Malang H. Rendra Kresna, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial RI atas pengucuran bantuan sosial di wilayah Malang Raya ini.

“Yang jelas, saya mewakili seluruh masyarakat Malang Raya, sangat berterima kasih atas bantuan sosial ini, karena PKH ini sangat bermanfaat dan terbukti mencetak generasi yang sangat berprestasi sampai skala tingkat nasional.” Pungkas Bupati. (Putut Priyono)

Biro Malang