Kukuhkan Saber Pungli, Bupati Malang: Silahkan Sapu Bersih Pungli

0
96
Pemkab Malang Jawa Timur

BERITA MALANG – Bertempat di Pendopo Agung Kepanjen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, resmi  dikukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Rabu (25/1/2017).

Bupati Malang H Rendra Kresna dalam sambutannya, meminta agar Tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang merupakan petugas gabungan dari instansi Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan, TNI, Inspektorat Kabupaten Malang dan beberapa Dinas terkait lainnya, bisa menekan dan mengantisipasi praktek Pungli.

“Kita harus melakukan repleksi, bahu-membahu untuk memberantas pungutan liar yang selalu ada dilingkungan masing-masing,” kata Rendra dihadapan Tim Saber Pungli, Rabu (25/1).

Pengukuhan dan Pelantikan Satgas Saber Pungli ini lanjut Rendra, merupakan program Pemerintah Pusat, karena pungutan liar telah menjadi musuh bersama di Negeri ini.

Sementara, Bung Rendra sapaan akrab Bupati Malang itu juga mengharapkan bisa saling menghormati dan harus ada koordinasi antara Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan dan Tim Sapu Bersih (Saber) untuk melakukan tugasnya.

“Saya berharap agar instansi serta tim sapu bersih, supaya melaksanakan peraturan Nomor 87 Tahun 2016. Artinya, apabila di masing-masing instansi masih ada pungutan liar, itu harus dibersihkan. Bekerja di Kabupaten Malang ini untuk mencari nafkah, tentu harus saling memiliki dan disiplin. Insya Allah pungutan liar akan terhindar,” ucap Bupati dua periode itu.

Kembali ditegaskan Rendra, dengan adanya tim sabu bersih, kepada yang berwenang juga harus melakukan koordinasi, rekomendasi, untuk memberikan masukan, pelayanan publik yang bertanggungjawab, dan memberikan sangsi terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. “Siapapun yang salah sudah seharusnya diberi sangsi secara hukum,” pungkas dia.

Tampak hadir dalam pengukuhan Saber Pungli, Wabup Malang, Drs.H M Sanusi MM, Ketua DPRD Kab Malang Drs Hari Sasongko, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawab Uju dan para Kepala SKPD ruang lingkup Kab Malang serta beberapa pejabat dan Pemerintah Kab Malang. (Putut Priyono)

Biro Malang