Tangani Lakalantas, Polres Bondowoso Gelar MoU Bersama

0
110

BERITA BONDOWOSO – Penanganan terhadap korban kecelakaan lau-lintas mendapat perhatian khsusus, terutama dari Polres Bondowoso, PT. Jasa Raharja dan Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya nota kesapahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara ketiga belah pihak, Rabu (1/2/2017) kemarin.

Dalam penanda tanganan MoU tersebut Kapolres Bondowoso, AKBP Afrisal diwakili Kasat Lantas Polres Bondowoso, AKP Hadi Siswoyo. Perwakilan. PT Jasa Raharja Bondowoso, dan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso, Kompol Sigit.

Salah satu hasil dari pertemuan itu kesepakatan bersama untuk berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para korban kecelakaan. Seperti pihak kepolisian yang selama ini memiliki peran untuk pembuat laporan terkait kejadian kecelakaan, menyatakan akan berupaya secepat mungkin membuat laporan terkait kejadian kecelakaan.

“Agar para korban bisa segera mendapat penanganan yang baik, termasuk jaminan pembiayaan perawatannya,” terang Kasat Lantas Polres Bondowoso, AKP Hadi Siswoyo kepada Beritaekspres.com, Rabu (1/2).

Kasat Lantas juga menyampaikan yang terpenting adalah cara menekan fatalitas atau tingkat kegagalan kondisi korban kecelakaan. Hal tersebut, menurutnya, bisa diwujudkan dengan pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

“Jalinan kerjasama antar berbagai pihak yang terkait, tentu akan bisa menekan fatalitas korban kecelakaan. Saat pihak Jasa Raharja bisa benar-benar memberikan jaminan yang sesuai, maka pihak rumah sakit pun akan dengan mudah memberikan pelayanan terbaik pada korban yang dirawat,” beber Kasat Lantas.

Kasat lantas berharap, dengan ada penanda tanganan MoU ini, penanganan terhadap korban lakalantas diharapkan bisa lebih cepat. Sehingga korban lakalantas bisa mendapatkan perawatan terbaik di rumah sakit.

Sementara itu, pihak PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Kabupaten Bondowoso sendiri sebelumnya sudah membayarkan santunan asuransi kepada ahli waris korban meninggal akibat kecelakaan lalu-lintas yang terjadi di Jalan Raya Bondowoso – Tamanan pada, Kamis 26 Januari 2017 lalu didampingi Kasat Lantas Polres Bondowoso, Senin (30/1) kemarin di Kelurahan Blindungan.

Santunan yang diberikan lanjut PT. Jasa Raharja perwakilan Bondowoso sebesar Rp25 juta. Jumlah itu sudah sesuai dengan nilai tanggungan bagi korban kecelakaan yang mengalami cacat permanen atau meninggal dunia.

“Santunan yang diberikan bukan sebagai pengganti hilangnya nyawa para korban, melainkan untuk meringankan beban yang dialami para keluarga korban. Ini  sesuai UU Nomor 34 Tahun 1964. Saya berharap keluarga korban yang ditinggalkan dapat tabah dalam menghadapi cobaan ini,” tandas Kasat Lantas didampingi Petugas Jasa Raharja ketika memberikan santunan waktu itu. (Abdul Wahet)

Biro Bondowoso