Jalur Lama di Tutup, Jalan Ciregol Ambles Lagi

0
15

BERITA BREBES – Curah hujan yang masih cukup tinggi yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Brebes, ruas Jalan Ciregol di Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong Jawa Tengah kembali ambles. Akibatnya ruas jalan yang menghubungkan Kota Tegal dan Purwokerto ditutup total, namun tak sampai melumpuhkan arus lalu lintas.

Pantauan Beritaekspres.com, dilapangan, ruas jalan yang ambles merupakan ruas jalan yang biasa dilewati kendaraan dari arah Tegal. Kondisi badan jalan di ruas tersebut tampak retak-retak dan ambles sekitar satu meter.

Lantaran khawatir akan bertambah parah, kendaraan dari arah Tegal dialihkan melewati ruas Jalur Ciregol Atas atau jalur baru yang biasanya difungsikan searah untuk kendaraan dari arah Purwokerto. Jalan tersebut merupakan hasil pengeprasan bukit.

Ahmad Sofi (43), warga Ciregol, mengatakan, ruas jalan mulai ambles sekitar sepekan lalu. Hal Itu diakibatkan karena hujan deras dalam beberapa waktu terakhir menggerus jalan.

“Meski tak separah saat ambles pada April 2015 lalu, ruas jalan terpaksa ditutup total, karena sudah tidak bisa dilewati sama sekali. Kalau dipaksakan, dikhawatirkan malah bisa bertambah ambles,” ujarnya, Kamis (9/2/2017) kemarin.

Selain karena hujan, amblesnya jalan juga karena pengaruh derasnya arus Sungai Pedes dan Glagah yang mengalir di sisi kiri dan kanan jalan. Kemudian juga karena kondisi tanah yang labil sehingga ruas jalan berkali-kali ambles. (Boy Rasta)

Biro Tegal