Bupati Bondowoso Optimis 2018 Keluar Dari Daerah Tertinggal

0
183
H. Amin Said Husni

BERITA BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, H. Amin Said Husni optimis pada tahun 2018 Kabuapten Bondowoso, Jawa Timur, sudah bisa keluar dari kategori daerah tertinggal. Hal tersebut disampaikan Bupati dihadapan sejumlah awak media usai kunjungan kerja ke wilayah kerja 3 (Botolinggo, Cermee, Klabang, Prajekan dan Tapen) di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Desa Besuk, Kecamatan Klabang, Bondowoso, Jawa Timur, Senin (13/2/2017) kemarin.

“Upaya untuk keluar dari status daerah tertinggal terus kita dilakukan dan yaitu dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” tuturnya kepada Beritaekspres.com, Selasa (14/2/2017).

Saat ini, menurut Bupati, Pemkab Bondowoso memiliki pekerjaan rumah yang cukup sedikit. Hal ini dikarenakan, hanya tinggal PAD dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) saja yang belum mencapai target dari kriteria yang ditetapkan sebagai daerah tertinggal.

Untuk meningkatkan PAD, saat ini, Pemkab Bondowoso mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan membuat gebrakan ‘One Village One Product’. Sementara, untuk meningkatkan IPM, perbaikan angka rata-rata lama sekolah akan dimaksimalkan.

“Angka putus sekolah di Bondowoso ini masih tinggi. Kita berharap adanya perguruan tinggi seperti Uneversitas Negeri Jember yang memiliki kampus di Bondwooso biusa menekan angka Drop Out  (DO) dan rata-rata lama sekolah akan meningkat,” paparnya.

Pihak Pemkab Bondowoso sendiri mengharap adanya dukungan dari semua pihak. Dengan demikian, setidaknya pada tahun 2018 Bondowoso bisa lepas dari predikat DaerahTertinggal.  “Saya optimis tahun 2018 Bondowoso bisa keluar dari daerah tertinggal,” ucap Amin.

Senada, Ketua DPRD Bondowoso, H. Ahmad Dhafir juga mengatakan saat ini PAD Kabupaten Bondowoso sekitar Rp153 miliar. Sementara, kriteria yang patok yaitu 10 persen dari APBD Kabupaten Bondowoso yang besarnya Rp1,997 miliar.

“Saat, PAD kita hanya Rp.153 milyar. Dan itu tidak sampai 10% dari yang ditetapkan untuk keluar dari status daerah tertinggal,” tuturnya.

Sama dengan Bupati, H. Ahmad Dhafir pun juga yakin Bondowoso bisa keluar dari daerah tertingal. (Abd)

Biro Bondowoso