Hatta Ali Kembali Terpilih Jadi Ketua MA Periode 2017-2022

0
67
M. Hatta Ali

BERITA JAKARTA – Muhammad Hatta Ali, Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2012-2017, terpilih kembali menjadi Ketua MA periode 2017-2022 Dengan perolehan sebanyak 38 suara dari 47 Hakim Agung. Hatta Ali terpilih dalam satu kali putaran dengan mengantongi dukungan lebih dari 50 persen plus satu Hakim Agung, Selasa (14/2/2017).

Pemilihan dimulai sejak pukul 10.28 WIB di ruang Koesoemah Atmadja di Gedung MA. Dalam pemilihan itu, ada tiga calon lain yang mendapatkan suara yaitu Hakim Agung, Andi Samsan Nganro sebanyak 7 suara, juru bicara MA Suhadi sebanyak 1 suara dan Hakim Agung YM. Mukti Arto sebanyak 1 suara.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur, mengatakan, Hatta Ali memang dapat terpilih kembali menjadi Ketua MA. “Masing-masing Hakim Agung tahu siapa yang bisa dipilih, mereka memilih pimpinan di antara mereka sendiri. Tak ada kampanye, tak ada intrik politik,” terangnya.

Dijelaskannya, mengacu pada Pasal 7 a sampai h Surat Keputusan MA Nomor 12/KMA/SK/I/2017 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, jika ada satu nama yang telah memperoleh suara lebih dari 50 persen jumlah Hakim Agung yang hadir, orang tersebut ditetapkan sebagai Ketua MA.

Hatta Ali juga menyatakan, kesediaannya untuk kembali memimpin MA. “Saya sampaikan terima kasih yang dipercayakan kepada saya untuk memegang amanah kembali sebagai Ketua MA untuk periode kedua dan kerja sama yang selama ini terbangun dari semua jajaran pimpinan.

“Baik itu Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, Pejabat Kepaniteraan, Kesekretariatan, serta jajaran tempat lingkungan badan Peradilan yang dibawah MA,” pungkasnya. (Bambang)