Jurnalis Kota Semarang Kecam Kekerasan Terhadap Jurnalis

0
77
Aksi solidaritas Jurnalis Kota Semarang

BERITA SEMARANG – Jurnalis Kota Semarang menggelar aksi solidaritas atas intimidasi serta kekerasan yang dialami oleh jurnalis televisi nasional Jakarta saat meliput aksi 112 di Istiqlal, Jakarta Pusat, yang dilaksanakan di Bundaran Air Mancur Jalan Pahlawan Semarang, Senin (13/2/2017).

Mereka para jurnalis dari berbagai media cetak, elektronik, serta online baik nasional maupun lokal berjalan dari Kantor Gubernur Jawa Tengah menuju Bundaran Air Mancur Semarang sambil berorasi membawa poster berbagai tulisan kecam kekerasan terhadap jurnalis.

Ketua Forum Wartawan Pemprov DPRD Jawa Tengah (FWPJT), Damar Sinuko mengatakan aksi solidaritas ini merupakan bentuk keprihatinan atas perilaku kekerasan di Jakarta dalam meliput aksi 112.

“Kami prihatin karena wartawan lagi-lagi dijadikan sasaran kelompok masyarakat yang menganggap kami punya kepentingan. Padahal tugas yang kita lakukan adalah tugas mulia, karena kita secara tulus memberikan informasi untuk masyarakat,” ungkapnya.

Damar meminta kepada pihak Kepolisian di Jakarta untuk bisa mengusut dan memproses secara hukum terhadap pelaku kekerasan yang menjadikan wartawan sebagai sasaran. Apalagi tugas jurnalis adalah dilindungi undang-undang.

Dalam aksi 112 yang digelar di Istiqlal Jakarta Pusat saat melakukan liputan jurnalis televisi dari Metro TV, Global TV dan Kompas TV mendapatkan intimidasi serta kekerasan (diusir dari kompleks masjid disertai kekerasan-red).

Dalam aksi yang digelar para jurnalis Kota Semarang tersebut, mereka juga meletakkan I’d pers dan kamera sebagai bentuk kekecewaan. (Nn)

Biro Semarang