Pangkostrad Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Raja Salman

0
100

BERITA JAKARTA – Panglima Komando Strategis (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi memimpin apel gelar pasukan untuk pengamanan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saudi di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/2/2017).

Selain untuk persiapan kedatangan Raja Arab ke Indonesia, 1-3 Maret 2017, gelar pasukan juga untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 5-7 Maret 2017.

Dalam amanatnya, Pangkostrad meminta kepada para prajurit untuk menjalankan tugas dengan baik dan benar. Jalankan tugas sesuai Undang-Undang dan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pangkostrad berharap agar para prajurit tidak mentolerir para perusuh, yang ingin menganggu dan mempermalukan Indonesia dalam kunjungan Raja Arab serta pelaksanaan KTT IORA. Para prajurit harus tegas, tidak boleh bimbang dan ragu.

“Jangan ragu dan bimbang dalam menjalankan tugas. Kita tidak mentolerir setiap gerakan yang ingin mempermalukan dan memprovokasi,” kata Pangkostrad.

Pangkostrad menjelaskan pengerahan pasukan dalam dua bagian. Bagian pertama untuk pengamanan KTT IORA yang berjumlah 12.000 personil. Diantaranya berasal dari Kostrad (2.000 personil), Kodam Jaya (1.700), Koarmabar (800), Kopassus (700) dan Paskhas (700 personil). Bagian kedua untuk pengamanan Raja Arab Saudi berjumlah 5.384 personil.

Pangkostrad menegaskan sasaran pengamanan berupa mengatasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, unjuk rasa anarkis, kerusuhan atau pembakaran, aksi terorisme atau menyalahgunakan senjata api, bom dan bahan peledak, penyanderaan, penculikan dan tindakan kejahatan lainnya.

Sementara terkait KTT IORA, Pangkostrad menjelaskan kegiatan tersebut dihadiri 21 Kepala Negara, 8 Organisasi Internasional, 7 negara mitra antara lain dari Amerika Serikat, PBB dan Uni Eropa. Negara-negara yang terlibat dalam KTT IORA seperti Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, India, Iran, Malaysia, Singapura, Thailand, Oman, Yaman dan Sri Lanka.

KTT IORA adalah forum regional yang diikuti negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. IORA merupakan forum regional dan menghimpun perwakilan dari negara di Samudera Hindia dengan prinsip terbuka untuk memperkuat kerjasama di bidang ekonomi, khususnya memfasilitasi investasi, promosi, dan pembangunan sosial di kawasan. (CR-1)