Anggota DPR-RI, Dewa: Saya Berharap Dibentuk Bumdes Pariwisata

0
90
Kresna Dewanata Phrosakh

BERITA MALANG – Dilihat secara geografis, desa-desa di seluruh Indonesia sebenarnya sangat berpotensi pariwisata, apabila masyarakat memang bersungguh-sungguh untuk mengelolanya. Ini terbukti salah satu desa di wilayah Kabupaten Malang yaitu Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur yang mampu mewujudkan Desa Wisata.

Anggota Komisi X DPR-RI, Kresna Dewanata Phrosakh yang salah satunya membidangi masalah pariwisata, mengatakan, dengan adanya kreatif Desa yang menjadikannya wisata adalah bentuk kemandirian dari Desa itu.

“Ini sudah otomatis, dengan adanya Desa Wisata yang dibentuk oleh suatu Desa, jelas juga akan membangkitkan perekonimian warga Desa, dan menambah pemasukan Desa itu sendiri,” terangnya ketika ditemui Beritaekspres.com di lokasi Desa Wisata Pujon Kidul, Sabtu (11/3/2017).

Menurut Dewa, panggilan akrabnya, bentuk kemandirian Desa itu, bukan berarti menutup investor untuk ikut dalam mengelola pariwisata di suatu Desa. Diharapkannya, desa bergerak terlebih dahulu untuk menggagas hingga mengelola, dan lambat laun investor akan turun untuk menilainya.

Diungkapkan olehnya, bukti adanya Desa Wisata Pujon Kidul ini juga merupakan salah satu misi madep manteb maneteb yang dijalankan Bupati Malang yang salah satunya adalah mewujudkan pariwisata.

Dewa menegaskan, ADD dan DD yang diterima oleh semua Desa sebaiknya sebagian dialokasikan ke pariwisata. Mengapa demikian, dengan adanya desa wisata ini termasuk wujud pengelolaan lingkungan yang baik.

“Saya sangat berharap, semua Desa yang ada di seluruh Indonesia, untuk mengalokasikan ADD dan DD ke pariwisata. Dan, saya juga berharap dibentuk Bumdes Pariwisata,” pungkasnya. (Putut Priyono)

Biro Malang