Jamkrida Beri Bunga Rendah Untuk UMKM

0
14
Diskusi Jamkrida Modal Beres Usaha Sukses

BERITA SEMARANG – Hadirnya Penjaminan Kridit Daerah (Jamkrida) di Jawa Tengah  bermula dari study kasus Jamkrida di Provinsi lain.

Demikian disampaikan Ketua Komisi C DPRD Jateng, Asfirla Harisanto dalam Diskusi Prime Topic yang digelar Radio Sindo Trijaya FM Semarang, dengan tema Modal Beres Usaha Sukses, di Gedung C FEB Undip Semarang, Senin (13/3/2017).

Menurutnya, Jamkrida di Jateng hadir setelah suksesnya Jamkrida Jatim. Dirinya menyetujui keberadaan Jamkrida di Jateng setelah Jamkrida di Jatim dinyatakan sukses.

“Bahkan Jamkrida mampu menjadi bapaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Yaitu mampu memberi arah bagi UMKM untuk menjalankan usahanya,” ujarnya.

Sementara itu untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Jateng sendiri, Jamkrida ditugaskan agar menyebarkan dan memberikan pinjaman bunga rendah terhadap UMKM tanpa tebang pilih.

Sementara Direktur Jamkrida Jateng, Adi Nugroho menyatakan, peran Jamkrida adalah untuk menjembatani UMKM yang mempunyai potensi untuk meminjam uang namun terkendala dengan  persyaratan, misalnya ada agunan tambahan yang mungkin memberatkan pihak UMKM.

Dengan demikian Jamkrida akan menjembatani mengatasi persoalan dengan memberi jaminan ke perbankan. Bahkan pihaknya sudah menjamin 68.421 UMKM se Jateng dari targetnya yakni 150 ribu UMKM. (Nn)

Biro Semarang