1 Meninggal, 3 Bulan Kasus DBD di Brebes Capai 101 Orang

0
55
Ilustrasi

BERITA BREBES – Selama kurun waktu tiga bulan sejak Januari hingga Maret 2017 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mencatat jumlah korban yang terkena kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) meningkat. Bahkan 1 warga diketahui meninggal dunia (MD). Namun demikian, jumlah warga yang terserang kasus DBD pada 2017 ini menurun jika dibandingkan pada tiga bulan pertama tahun 2016.

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes dr. Sri Gunadi Parwoko mengatakan, sejak Januari hingga Maret 2017 ini, tercatat ada sebanyak 101 warga yang terserang wabah DBD. Dan satu warga meninggal dunia.

“Tiga bulan pertama tahun 2016 lalu, jumlah korban DBD mencapai 215 korban yang terserang DBD dengan 6 penderita diantaranya meninggal dunia. Sedangkan tiga bulan pertama tahun 2017 ini jumlahnya 101 korban dan 1 korban diantaranya meninggal dunia. Jadinya, jumlahnya menurun,” terangnya, Kamis (30/3/2017).

Dilanjutkannya, untuk terus mengantisipasi atau mencegah kasus DBD di Kabupaten Brebes, pihaknya akan melakukan terobosan, yakni dengan membuat program gerakan ketuk pintu. Program ini akan menerjunkan sedikitnya 8.000 kader kesehatan.

“Termasuk seluruh personel di bidang kesehatan, dari mulai Posyandu, Puskesmas dan Dinas Kesehatan juga akan kami libatkan,” tuturnya.

Para petugas sambungnya, yang diterjunkan itu nantinya bertugas mendatangi rumah-rumah warga dilingkungan. Dan salah satunya, meningatkan terkait upaya gerakan Menguras, Menutup, dan Mengubur (3M).

“Kami berharap, melalui program ketuk pintu ini arahnya agar petugas Puskesmas atau Dinas Kesehatan tidak hanya duduk di belakang meja, tetapi turun langsung ke lapangan. Begitu datang ke rumah sasaran, petugas mengingatkan apakah bak mandi sudah dikuras, diantaranya seperti itu.

“Kami berharap ini akan semakin menekan jumlah penderita DBD di wilayah Kabupaten Brebes,” pungkasnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal