LPSK Akan Berikan Pendampingan Korban Paedofil

0
90
Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai

BERITA JAKARTA – Heboh kasus paedofil di FB, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tengah menjalin komunikasi dengan aparat Kepolisian untuk melakukan pendampingan terhadap para korban paedofil dari group Facebook Official Lolys Candy.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai mengaku saat ini belum ada korban yang melapor ke LPSK untuk meminta perlindungan. Namun, LPSK sudah menjalin komunikasi dengan pihak Kepolisian.

“Pihak kepolisian sudah ada sedikit komunikasi karena mereka juga ingin memastikan terlebih dahulu korban-korban yang memang membutuhkan layanan dari LPSK,” kata Haris, dalam jumpa pers di kantor LPSK, Jalan Raya Pasar Rebo, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (29/3/2017) kemarin.

Dari pengalaman sebelumnya, Abdul mengatakan, biasanya pihak Kepolisian akan menghubungi LPSK untuk meminta pendampingan bagi korban pada saat Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

“Dalam pembuatan BAB anak-anak ini biasanya membutuhkan pendampingan dan LPSK siap untuk memberikan pendampingan,” ujar Haris

Pendampingan itu, agar para korban tidak merasa tertekan atau terintimidasi mengikuti proses hukum. Haris menambahkan, para korban paedofil di group facebook itu tidak hanya butuh pendampingan LPSK tetapi juga butuh pendampingan dari sisi hukum.

“Mereka perlu nasehat hukum yaitu dari LBH ataupun dari Komnas Anak mungkin untuk membantu memastikan agar hak-hak dari anak tersebut dapat difasilitasi dan dapat dipenuhi,” pungkas Haris. (Steve)