Perusahaan di Bekasi Wajib Serap 60 Persen Tenaga Lokal

0
322
DPRD Kota Bekasi

BERITA BEKASI – Wakil Ketua III DPRD Kota Bekasi, Irman Firmansyah mengatakan, bahwa perusahaan yang ada di Kota Bekasi wajib memberikan kesempetan bekerja terhadap tenaga lokal atau pribumi dengan presentase 60 persen.

Hal itu diungkapkan Irman pada saat mempresentasekan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bekasi Nomor 12 Tahun 2014 tentang Penanaman Modal kepada DPRD Kota Prabumulih yang tengah melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Bekasi pada, Kamis (2/4/2017) lalu.

Pada paragraph ketiga Pasal 10, kata Irman, Penanaman modal wajib memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan mengutamakan tenaga kerja di daerah paling kurang 60 persen dari jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensinya.

“Sifatnya wajib memperkerjakan tenaga lokal. Karena ini sudah dibakukan dalam peraturan,” terang Irman kepada Beritaekspres.com, Sabtu (8/4/2017).  

Selain itu sambung Irman, juga sebagai perwujudan penanam modal terhadap kearifan lokal. “Tenaga kerja yang dimaksud adalah warga yang memiliki KTP Kota Bekasi,” jelasnya.

Politisi Partai Gerindra ini melanjutkan, penanaman modal juga harus meningkatkan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan kerja sesuai ketentuan perundang-undangan.

Penanaman modal tambahnya, bagi yang memperkerjakan tenaga asing wajib menyelenggarakan pelatihan dan melakukan alih teknologi kepada tenaga kerja daerah sesuai aturan yang berlaku.

“Boleh memperkerjakan tenaga asing namun harus didampingi tenaga kerja lokal,” pungkasnya. (Adv)