LPP Tipikor RI, Laporkan Dugaan Korupsi Disdik Nias Utara

0
102
Ilustrasi BOS

BERITA NIAS – Lembaga Pemburu Pelaku Tindak Pidana Korupsi Republik Indonesia (LPP TIPIKOR-RI), Kabupaten Nias Utara, melaporkan dugaan korupsi penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP-PAUD) Tahun Anggaran (TA) 2016 ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunung Sitoli beberapa waktu lalu.

Kepada Beritaekspres.com, Ketua DPC LPP TIPIKOR-RI, Yason Harefa mengungkapkan, dasar pelaporan lembaganya ke penegak hukum tentang dugaan korupsi penggunaan dana BOP Paud telah memenuhi unsur pidana, baik dari segi juknisnya, maupun dari pengelolaannya.

Diutarakan Yason, dana BOP Paud di Kabupaten Nias Utara tahun 2016 sebesar Rp2.028.000.000 dan sudah direalisasikan sebesar Rp1.944.000.000 untuk dibagikan kepada 103 Pengelolaan PAUD se-Kabupaten Nias Utara sesuai dengan jumlah siswa dengan nilai mulai dari Rp9.200.000 sampai dengan Rp36.000.000 setiap Paud.

“Kami melaporkan dalam pelaksanaannya terjadi dugaan penggelembungan jumlah siswa, SPJ fiktif dan pungutan liar yang dilakukan pihak POP Dinas Pendidikan Nias Utara kepada para pengelola PAUD,” tegasnya, Rabu (19/4/2017).

Pelanggaran itu sambungnya, antara lain, adanya pungutan sebesar 5 persen untuk biaya pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dan 10 persen untuk ucapan terima kasih. “Parahnya lagi, ada Paud yang tidak aktif, tapi masuk dalam daftar menerima dana BOP itu,” ungkapnya.

Dalam persoalan ini lanjut Yason, dirinya berharap kepada pihak Kejaksaan Negeri Gunung Sitoli, tidak main-main untuk menanggapi laporan dugaan korupsi dari lembaganya. “Karna data-data yang kami sampaikan sudah sangat jelas dan memenuhi syarat dan petunjuk dugaan adanya perbuatan korupsi itu,” jelasnya.

Kalau pihak Kejaksaan tambah Yason, main-main dan tidak serius menanggapi laporan kami, maka kami, akan melaporkan kepada pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara. “Ya, kita lihat dulu kesriusan kejari Gunung Sitoli dalam pemberantasan korupsi di Nias Utara ini,” pungkasnya. (Rendy)