Tia Hendrar Prihadi : Wanita Harus Cerdas dan Maju Dalam Berkarya

0
390
Istri Walikota Semarang, Tia Hendrar Prihadi

BERITA SEMARANG – Cerdas, itulah yang diharapkan dari istri Walikota Semarang, Krisseptiana atau yang akrab dipanggil dengan Tia Hendrar Prihadi untuk para wanita Indonesia terutama wanita di Kota Semarang.

Menurut Tia, wanita cerdas itu kudu bisa mengikuti perkembangan jaman meskipun harus tetap pada kodrat seorang wanita, karena wanita tidak boleh meninggalkan kodratnya.

“Wanita harus cerdas, harus mengerti dan peduli kesehatan untuk diri sendiri, keluarga dan orang lain,” tandas Tia saat ditemui di Gedung PKK Kota Semarang, Jumat (21/4/2017).

Dalam moment Kartini ini, dirinya mengajak kaum wanita untuk terus maju berkarya sesuai perkembangan jaman. Cerdas menurutnya bukan berarti wanita itu harus mengenyam pendidikan tinggi, namun wanita cerdas bisa mengikuti perkembangan jaman baik melalui radio, surat kabar, televisi ataupun media lainnya.

Tia mengatakan, emansipasi wanita yang diperjuangan RA. Kartini juga telah memberikan kepada kaum wanita kesetaraan dalam hak berbicara dan menyampaikan pendapat. Namun hak tersebut bukan berarti sebuah keleluasaan untuk membicarakan hal-hal yang tak benar.

“Sosok Kartini selalu memperjuangkan kaum wanita untuk tetap di depan. Kartini juga mengajak kaum wanita untuk terus belajar agar wanita tak ketinggalan jaman,” ujarnya.

Terkait peran wanita (ibu) terhadap keluarga terutama anak, meskipun anak bukan hanya tanggung jawab seorang ibu, namun pada umumnya ibu mempunyai waktu lebih banyak untuk dekat dengan anak. Dengan demikian ibu bisa memberi rasa nyaman pada anak, dan tidak membuat anak seolah-olah terus diawasi.

“Dengan demikian anak akan merasa nyaman dan betah di rumah. Bahkan ibu bisa menjadi sahabat anak, itu yang terpenting,” kata Tia.

Seperti yang dihadapi Tia dalam keluarganya, sebagai wanita yang sibuk dengan berbagai kegiatan, Tia yang juga Ketua PKK Kota Semarang mengaku selalu menyempatkan diri untuk mengurus keluarga, terutama anak.

“Sesibuk apapun, saya selalu sempatkan waktu buat keluarga terutama terhadap anak. Karena dengan begitu kita bisa mengetahui perkembangan anak,” imbuhnya.

Dirinya berharap, wanita Indonesia bisa berfikir cerdas dan maju sesuai perkembangan dan kemampuannya, asal tidak menyalahi kodratnya sebagai wanita. (Nn)

Biro Semarang