Persiapan Mudik, Jalur Jalingkut Tegal Mulai Disiapkan

0
88
Jalingkut Kota Tegal

BERITA TEGAL – Guna kenyamanan dan keamanan jelang arus mudik Lebaran tahun ini, Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) mulai dipersiapkan sebagai jalur alternatif, Senin (1/5/2017).

Kepada Beritaekspres.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal Sugiyanto mengatakan, secara rutin, perbaikan-perbaikan telah dilakukan di jalan yang membelah Kelurahan Tegalsari Kota Tegal. Diantaranya, penutupan lubang-lubang yang ada.

Setiap musim mudik sambung Sugiyanto, Jalingkut menjadi salah satu jalur tersibuk di Pantai Utara (Pantura). Jalingkut, dimanfaatkan untuk memecah kepadatan di Jalur Pantura di Jalan Kolonel Sugiono, Mayjend Sutoyo, dan Gajah Mada. “Untuk persiapan lainnya, DPUPR berkoordinasi dengan Polres Tegal Kota dan Dinas Perhubungan,” tandasnya.

Ditembahkan Kepala Bidang Bina Marga, Setiabudi menerangkan, untuk kewenangan penuh terkait Jalingkut sebagai jalur alternatif ada di tangan PPK Jalan Batas Jabar-Pemalang. DPUPR melakukan penanganan sementara. “Rencananya, akhir April akan ada pekerjaan,” kata Setiabudi.

Sementara, Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Sujatmiko mengatakan, saat ini, sudah ada 14 titik lampu dan 8 titik lampu PJU di Jalingkut, serta 6 titik lampu sorot di Jalingkut Baru. “Menjelang Lebaran, DPUPR akan menambah lampu PJU disejumlah titik, sehingga, Jalingkut diharapkan aman dan nyaman dilalui para pemudik,” tungkasnya.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Tegal mendesak Pemerintah Kota Tegal segera merealisasikan pembangunan infrastruktur Jalingkut agar bisa digunakan sebagai jalur alternatif mudik tahun ini. “Selain untuk mengurai kemacetan lalu lintas arus mudik, pembangunan Jalingkut dinilai berdampak positif,” imbuhnya.

Pembangunan Jalingkut tambahnya, juga akan berdampak memperlancar perekonomian masyarakat dan menunjang kemajuan Kota Tegal. “Dipastikan, juga mengurangi angka kecelakaan di Jalur Pantura,” pungkas Ketua Komisi III DPRD Sutari. (Boy Rasta)

Biro Tegal