Ada Wisata Teluk Hijau, Air Terjun hingga Dua Pantai Berbeda

0
204
Pantai

BERITA BANYUWANGI – Daerah Selatan Kota Banyuwangi, ternyata banyak menyimpan segudang pemandangan eksotik. Pantai Teluk Ijo, salah satunya. Menikmati wisata ini dijamin mendapatkan pengalaman berharga. Mulai air terjun hingga dua pantai yang berbeda bebatuannya. Biaya menuju kawasan wisata alam ini cukup murah dan terjangkau, Senin (8/5/2017).

Pantai Teluk Ijo atau Green Bay berada di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masuk wilayah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Lokasinya sedikit tersembunyi dan masih perawan.

Pasirnya lembut, panoramanya benar-benar mempesona. Kawasan sepanjang pantai juga bersih. Pengunjung dijamin betah. Pantai Teluk Ijo masih satu rangkaian dengan pantai Pulau Merah dan pantai selatan lainnya.

Selain populer dengan airnya yang kehijauan, pantai ini juga populer dengan pemandangan batu karang. Sangat indah. Pasir putihnya yang lembut, juga hangat. Pemandangan ini masih ditambah deretan batu karang yang eksotis, rerimbunan pohon menghijau. Layak disebut surga tersembunyi.

Sepanjang perjalanan menuju kawasan ini juga tak kalah indah. Pengunjung akan disuguhi pemandangan  menyejukkan mata. Sungai yang bersih, deretan pohon, hamparan sawah dan perbukitan hijau.

Sebelum ke Teluk Ijo, pengunjung harus melewati Pantai Rajegwesi, melalui perumahan tsunami. Lalu, masuk ke kawasan parkir kendaraan. Dari sini wisatawan bisa memilih menggunakan rute darat atau laut. Setiap rute memiliki tantangan dan keindahan tersendiri. Dijamin tak akan terlupakan.

Jika memilih jalur darat, pengunjung harus menuju kawasan Teluk Damai. Pengunjung membayar tiket masuk di pos penjagaan di sekitar Sungai Lembu. Kemudian,  pengunjung harus berjalan kaki menuruni bukit, melewati jalur setapak sejauh 1 kilometer. Udara di sepanjang perjalanan terasa sejuk, khas hutan tropis.

Setelah 30 menit menyusuri jalan setapak, pengunjung akan tiba di Pantai Batu. Deburan ombak memecah deretan batu, sangat indah. Lokasinya makin eksotik lantaran di balik bukit. Dari pantai ini, Teluk Ijo hanya berjarak 300 meter. Pengunjung cukup menyusuri pesisir batu. Di Teluk Ijo, pengunjung bisa ber-selfie sepuasnya.

Jika  menggunakan jalur laut, pengunjung bisa merasakan tantangan berbeda. Dari Pantai Rajegwesi, pengunjung bisa menyewa perahu yang dikelola nelayan setempat.  Waktu tempuh menggunakan perahu ini relatif cepat.

Tarif perahu dibandrol Rp35.000 per orang. Sepanjang pelayaran, hamparan laut terlihat indah, warnanya hijau. Ombak yang memecah karang benar-benar menakjubkan. Deburan ombak khas Samudera Indonesia ini juga mendebarkan. Di kejauhan, barisan bukit batu karang terlihat berderet, sangat rapi. Hanya 20 menit jika menggunakan perahu menuju di Teluk Ijo.

Sama dengan jalur darat, dari laut, pengunjung juga melewati Pantai Batu. Pantai ini dipenuhi bebatuan di sepanjang bibir pantai. Munculnya bebatuan tersebut diperkirakan akibat  tsunami tahun 1994. Dari pantai ini, pegunjung juga berjalan kaki menuju Teluk Ijo.

Nama Teluk Ijo diambil dari warna air laut yang terlihat hijau, jika dilihat dari kejauhan. Warna ini disebabkan tumbuhan Alga di dasar laut. Pepohonan dan gunung gunung di sekeliling pantai memperkuat karakter hijau dari pantai ini. Lokasinya di sebuah teluk, membuat pantai ini dijuluki Teluk Ijo.

Keunikan lainnya, Teluk Ijo memiliki 2 pantai dengan pesisir berbeda, pasir putih bersih dan pesisir berbatu, tertata rapi secara alami, hanya dibatasi  bukit kecil.

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah air terjun setinggi 8 meter. Banyak wisatawan bermain, membilas badannya di air terjun ini setelah berenang di pantai.  Air terjun ini juga eksotik untuk selfie.

Dengan suguhan pemandangan yang eksotik, masuk ke Teluk Ijo sangat murah. Menurut Martono, petugas pos jaga pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), tiket masuk hari biasa hanya Rp5000 per orang, sedangkan hari libur Rp7500 per orang. Sementara, wisatawan asing di hari biasa Rp150.000 per orang, hari libur Rp225.000 per orang.

Tiket masuk  kendaraan roda dua Rp5000, roda empat Rp10.000 dan roda enam Rp50.000. Selanjutnya wisatawan yang ingin ke Sukamade ditarik tiket pengamatan satwa liar. Tarifnya, Rp10.000.

”Khusus yang ingin berkemah, dikenakan tarif Rp5000 per orang,” kata Marwoto salah satu petugas pos jaga pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) kepada Beritaekspres.com. (Eko)

Biro Banyuwangi