Pesona Kuliner Ponorogo Perkenalkan Produk Layak Jual

0
100
Acara Kuliner

BERITA PONOROGO – Kegiatan Pesona Kuliner Ponorogo yang diadakan di Okaz Open Market pada, Sabtu (6/5/2017) lalu dihadiri ratusan peserta dari berbagai penjuru Bumi Reyog. Sejak pagi peserta memadati Kompleks Okaz Open Market hingga sore hari.

Kepada Beritaekspres.com, Mia Divana selaku Sekretaris Relawan Kuliner Indonesia atau Rekulindo Ponorogo menjelaskan, bahwa Pesona Kuliner Indonesia baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo.

Dia menjelaskan, kegiatan diadakan atas kerjasama Rekulindo Pusat bersama Rekulindo Ponorogo, Forum IKM (Industri Kecil Menengah) serta Okaz sebagai tempat penyelenggaraan.

“Pesona Kuliner Ponorogo juga didukung beberapa chef Nusantara yang melakukan demo baking dan kuliner,” terangnya, Senin (8/5/2017).

Dijelaskannya, dalam Pesona Kuliner Ponorogo tersebut ditampilkan beberapa menu oleh beberapa chef seperti Miramen Japanese Curry With Chicken/Berf Katsu yang dipandu langsung oleh chief Iben dari Jakarta. “Siomay juga dipandu oleh chef Iben,” kata Mia Divana yang juga Owner Divana Kitchen tersebut.

Selain itu, disajikan menu Brownies Durian oleh chef Nanik dari Tumenggung, Jawa Tengah. “Juga ada Cake Pop oleh chef Key Regina dari Madiun serta Ayam Kremes oleh chief Alvian,” bebernya.

Didemokan juga lanjutnya, menu Ayko atau Ayam Kodok oleh chef Alvin dari Manado, Sulawesi Utara. “Selain itu juga disajikan demo masak Singkong Panggang oleh chef Anisa dari Pamekasan,” tambahnya.

Lebih istimewa dalam Pesona Kuliner Ponorogo juga menggandeng Forum IKM Ponorogo yang menggelar Bazaar Produk Unggulan Ponorogo. “Sebelum acara pembukaan juga diadakan parade Reyog mini,” imbuhnya.

Dalam demo baking dan kuliner yang dikemas dengan model expo tersebut dimaksudkan para peserta lebih mudah berinteraksi langsung dengan para chef yang sedang mendemokan masakan unggulannya tersebut.

Pihaknya juga mewakili panitia Pesona Kuliner Ponorogo minta maaf jika ada kekurangannya selama acara berlangsung. “Ini baru pertama kami gelar sehingga segala kritik, saran, masukan sangat dibutuhkan demi penyelenggaraan di masa yang akan datang,” pintanya.

Pun, Mia juga membeberkan tujuan Pesona Kuliner Ponorogo adalah untuk menumbuhkan minat masyarakat Kabupaten Ponorogo agar berswadaya mandiri dengan membuka usaha sendiri.

“Sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri dan meningkatkan income atau pendapatan masyarakat,” ucapnya.

Tak lupa, Mia bersama panitia Pesona Kuliner Ponorogo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak disebutkan satu persatu sehingga acara berjalan lancar dan sukses.

Secara resmi acara dibuka oleh Arief Effendi, SE, MM selaku Kabid Industri Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo.

“Luar biasa acara Pesona Kuliner Ponorogo, semoga menjadi tonggak awal bangkitnya kuliner Nusantara di Kota Ponorogo,” ujar Arrief Effendi.

Acara juga dihadiri oleh Toto Basuki, SE, MM selaku Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo serta Lukman M. Wakhidi, S.STP selaku Kabid Jasa dan Sarana Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Amien Jumaeri selaku Kasi Industri  Dinas Perdagum Ponorogo dan Addin Kurniawan, SH,MH selaku Pimpro Okaz The Islamic Open Market. (Muh Nurcholis)

Biro Ponorogo