Awas..! 56 Perlintasan KA di Brebes Tak Berpalang Pintu

0
71
Rel Tanpa Palang Pintu

BERITA BREBES – Para pemudik diimbau untuk mewaspadai sejumlah perlintasan KA di wilayah Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Pasalnya Sebanyak 56 titik perlintasan kereta api yang hingga saat ini tidak memiliki palang pintu.

Perlintasan yang tersebar di wilayan utara, tengah, dan selatan, termasuk di jalur alternatif mudik lebaran itu juga tidak dijaga petugas.

“Dari 82 perlintasan kereta api (KA) yang ada di Brebes, ada 56 titik belum memiliki palang pintu dan tidak dijaga oleh petugas,” ungkap Satibi, Kepala Dinas Perhubungan Brebes kepada Beritaekspres.com, Senin (19/6/2017).

Dari 82 perlintasan KA di Brebes, baru 26 titik yang sudah berpalang pintu. Dimana terbagi pengelolaan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) ada 15 titik dan 11 titik dikelola Dinas Perhubungan yang tersebar di jalan-jalan kampung di 4 Kecamatan. Yaitu di Kecamatan Brebes, Bulakamba, Paguyangan, dan Larangan.

“Sedangkan sisanya yang berjumlah 56 perlintasan tidak memiliki palang pintu ini saat arus lebaran biasanya dijaga oleh Linmas atau swadaya warga,” ungkapnya.

Lukito, Kepala Seksi (Kasi) Inspeksi Sarana Prasarana dan Amdal Lalu Lintas, Dishub Brebes mengatakan, untuk menghindari kecelakaan di perlintasan KA, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas.

Dari 56 perlintasan tersebut, untuk sementara baru 28 titik yang dipastikan mendapatkan penjagaan. Artinya, masih ada 28 titik yang belum memiliki penjaga. Terkait masalah itu, hingga kini Dishub belum memiliki solusi.

“Kami minta bantuan Linmas untuk mengerahkan personel menjaga perlintasan yang tidak dijaga,” ungkapnya. (Boy Rasta)

Biro Tegal